Sabtu, 14 Oktober 2017

Menggambar Frame Foto

Beberapa teman ada yang bertanya bagaimana cara menggambar Frame atau Bingkai foto di Inkscape?, pertanyaan seperti ini sebenarnya sudah sering ditanyakan, namun hingga saat ini belum banyak yang menulis tutorialnya dalam bahasa Indonesia, maklumlah Generasi NOW kan pada malas nulis tutorial, katanya lebih enak nulis status di media sosial.
Sebenarnya mudah kok untuk membuat frame foto di Inkscape asal kita mau sedikit kreatif.



Buka Inkscape sesuai sistem operasi yang Anda gunakan. Buat object persegi panjang dengan ukuran tertentu (misal 18,00 x 11,00 cm)

Buat object lingkaran kecil (misal: 1,00 x1,00 cm), Atur supaya lokasi pusat object lingkaran berada di sudut kiri atas object persegi panjang.

Perbanyak lingkaran sehingga membentuk pola mengelilingi persegi panjang, atur agar jarak antara lingkaran satu dan lainnya sama, cara termudah untuk melakukannya adalah menggunakan fitur Create Tiled Clones.
Berikut caranya:
Klik object lingkaran, arahkan kursor ke Menu Bar, klik Edit => Clone => Create Tiled Clones...

Maka segera tampil jendela pengaturan Create Tiled Clones, jika Anda pernah menggunakan fitur Create Tiled Clones klik tombol Reset untuk mengembalikan ke pengaturan baku (default). Pada tab Symmetry pilih P1: simple translation, pada kotak Rows, columns isi dengan nilai tertentu (contoh: 10 x 16)

 Pindah ke tab Shift, isikan nilai tertentu pada kotak Per row Shift Y dan Per column Shift X (contoh: 20,000 %), tujuan langkah ini adalah untuk memberi jarak antara object yang akan dibuat.


Jika semua pengaturan dirasa sudah sesuai, klik tombol Create untuk menerapkan kloning sesungguhnya. Maka jika tidak terjadi masalah object lingkaran secara otomatis menjadi banyak seperti gambar di bawah ini
Seleksi semua object lingkaran, matikan tautan (link) object hasil kloning ke object induk (object asli), caranya klik Edit => Clone => Unlink Clone

Sembunyikan sementara object persegi panjang agar ketika Anda mengolah object lingkaran tidak terganggu, caranya seleksi object persegi panjang, kemudian klik Object => Object Properties atau tekan Shift+Ctr+O, pada jendela Object Properties yang tampil beri tanda cetang pada menu Hide, kemudian klik tombol Set, dan tutup jendela pengatruan tersebut.
Hapus object lingkaran yang berada di bagian tengah sehingga menyisakan lingkaran yang membentuk pola persegi panajang, jangan lupa hapus juga lingkaran yang menumpuk di atas object asli, untuk menghapus lingkaran agar lebih cepat penulis menggunakan Eraser Tool

Seleksi semua object lingkar yang membentuk pola persegi panjang, kemudian gabungkan menjadi satu, caranya klik Path => Union, selanjutnya hasil dari langkah ini kita sebut saja sebagai Pola Lingkaran
Tampilkan kembali object persegi panjang yang disembunyikan tadi, caranya klik Object => Unhide All.
Atur supaya object persegi panjang berada di tengah-tengah pola lingkarang, jika ukuran persegi panjang masih kurang sesuai, ubah ukuranya dengan menarik pada masing-masing sisi.
Seleksi Pola lingkaran dan persegi panjang, kemudian potong atau lubangi bagian pinggir persegi panjang dengan pola lingkaran, caranya klik Path => Difference, selanjutnya hasil dari langkah ini kita sebut saja sebagai persegi panjang berlubang.

Buat object persegi panjang yang ukurannya lebih kecil dari persegi panjang berlubang, atur supaya berada di tengah-tengah persegi panjang berlubang.
Seleksi persegi panjang berlubang dan persegi panjang agak kecil, kemudian potong atau lubangi bagian tengah persegi panjang berlubang dengan persegi panjang agak kecil, caranya klik Path => Difference.

Sekarang gambar bingkai atau frame foto sudah berhasil dibuat, namun masih sangat sederhana dan jauh dari kata sempurna.
Untuk menyempurnakan frame agar lebih indah, penulis memberi efek bayangan dengan menggunakan Filter Shadows and Glows => Inset seperti gambar di bawah ini;
Sekarang Frame foto sudah berhasil dibuat, agar bisa dilihat hasilnya secara nyata maka perlu sekalian diberi foto agar terlihat lebih nyata. Di bawah ini adalah contoh frame yang sudah diberi foto.
Demikian tutorial cara Menggambar Frame foto dengan menggunakan Inkscape, cukup mudah bukan?
Sampai jumpa pada tutorial berikutnya (kalau sempat nulis).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar