Rabu, 26 Juli 2017

Latar Belakang Destop Berbentuk Pola Bunga

Beberapa minggu lalu penulis diminta untuk membuat gambar latar belakang (background) untuk laptop teman dekat penulis, karena yang meminta berbeda gender dengan penulis, maka pembaca pasti tahu gambar apa yang diminta, yaitu gambar bunga, untung saja cuma minta gambar bunga, kalau minta bunga beneran atau bunga bank penulis yang jadi repot


Di bawah ini tutorial cara menggambar latar belakang destop berbentu pola bunga yang dapat penulis dokumentasikan.
Cek resolusi monitar komputer yang akan dibuatkan latar belakang, dalam contoh menggunakan BlankOn X Tambora, maka yang penulis lakukan adalah klik Menu Utama BlankOn => Pengaturan => Tampilan => Tampilan Bawaan, maka muncul resolusi monitor yang penulis gunakan (contoh 1280 x 800).


Sekarang penulis sudah mengetahui ukuran resolusi monitar yang akan dibuatkan gambar Latar Belakang, karena jendela pengaturan sudah tidak digunakan sebaiknya ditutup saja.

Buka Inkscape sesuai sistem operasi yang Anda gunakan, setelah Inkscape terbuka lakukan pengaturan halaman, caranya klik File => Document Properties atau tekan Shift+Ctrl+D. Langkah selanjutnya adalah mengatur ukuran halaman sesuai ukuran resolusi monitar yaitu 1280 x 800 (ini hanya contoh saja, silakan sesuaikan resolusi monitor Anda).

 Buat object persegi panjang menggunakan Rectangles Tool, beri warna tertentu sesuai selera (contoh Biru Muda), atur ukuran persegi panjang sesuai dengan ukuran halaman. Letakkan persegi panjang di tengah-tengah halaman, untuk mempermudah pekerjaan ini, Anda dapat menggunakan fitur Align and Distribute.

Buat gambar Kelopak Bunga, cara menggambar kelopak bunga dapat Anda baca artikel yang sudah dibuat sebelumnya yaitu berjudul Menggambar Bunga Dengan Mudah.

Ubah ukuran gambar bunga yang telah dibuat menjadi ukuran tertentu (contoh: 35 x 35 px), letakkan gambar bunga di pojok kiri luar halaman.

Gandakan gambar kelopak bunga menjadi dua yang posisi hasil penggandaan diagonal ke kanan bawah, cara yang penulis lakukan adalah dengan menggunakan fitur Create Tiled Clone, berikut caranya; seleksi gambar kelopak bunga, kemudian klik Edit => Create Tiled Clones, pada jendela pengaturan yang tampil klik tombol Reset untuk mengatur ulang pengaturan fitur Create Tiled Clones, langkah selanjutnya adalah mengatur jarak object yang akan dihasilkan, caranya pilih tab Shift, pada kotak Per row => Shift Y: isi dengan nilai 10,000 %, lakukan cara yang sama pada kotak Per column Shift X:, klik tombol Create untuk melakukan kloning.
Maka secara otomatis gambar kelopak bunga menjadi 5 buah dengan salah satu menumpuk di atas object asli. Hapus 3 gambar kelopak bunga (termasuk yang menumpuk di atas object asli), sehingga tersisa 2 (dua) gambar bunga dengan posisi membentuk diagonal.

Seleksi kedua gambar kelopak bunga, kemudian lakukan grouping, caranya klik Object => Group atau tekan Ctrl+G.


Panggil jendela pengaturan Create Tiled Clones, kemudian lakukan pengaturan jarak antara object pola (pattern) yang akan dibuat, caranya pilih tab Shift, pada kotak Per row => Shift Y: isi dengan nilai 5,000 %, lakukan cara yang sama pada kotak Per column Shift X:, iIsikan nilai 12 x 19 pada kotak Apply to tiled clones => Rows, columns, klik tombol Create untuk melakukan kloning.

Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini

Ekspor gambar pola bunga yang telah dibuat supaya dapat digunakan sebagai latar belakang destop, caranya klik File => Export PNG Image... atau tekan Shift+Ctrl+E

Pada jendela pengaturan ekspor pilih tab Page, tentukan letak direktori untuk menyimpan gambar hasil ekspor, klik tombol Export untuk melakukan proses ini.

Sekarang saatnya menggunakan gambar yang telah dibuat tadi sebagai latar belakang destop, dalam contoh menggunakan BlankOn X Tambora, maka langkah yang penulis lakukan adalah sebagai berikut; mencari hasil ekspor gambar, kemudian klik gambar tersebut => klik kanan => Jadikan Gambar Latar

Maka hasilnya seperti tangkapan layar di bawah ini

Demikian Tutorial Cara Latar Belakang Destop Berbentuk Pola Bunga dengan Inkscape, sampai jumpa pada tutorial lainnya, selamat berkarya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar