Jumat, 07 Oktober 2016

Menyusun Gambar Bintang Menjadi Bentuk Spiral


Trik ini merupakan salah satu materi yang penulis ajarkan pada kegiatan Ekstrakurikuler Desain Grafis dengan Inkscape di SMP N 1 Semarang Tanggal 05 Oktober 2016. Penulis sengaja membuat tutorial ini agar para pengajar yang ingin mengadakan kegiatan yang sama di sekolah lain dapat menggunakannya sebagai bahan mengajar. Tujuan lainnya adalah agar para pengguna Inkscape terutama di Indonesia dapat lebih mahir lagi menggunakan Inkscape.
-
Buka aplikasi Inkscape sesuai sistem operasi yang Anda gunakan.
Buat object berbentuk bintang menggunakan Star Tool dengan ukuran 25 X 25 px.
Simpan desain yang sudah dibuat ke direktori di komputer Anda.
Hilangkan Style dan Attribute object, arahkan kursor ke Status Bar => klik kanan Style Indicator => Unset Fill

Geser pusat object (center object) ke arah luar (misal ke samping kanan), caranya klik object, klik sekali lagi hingga muncul tanda pusat object (tanda +), geser pusat object ke arah tertentu, misalnya ke samping kanan.


Buka jendela pengaturan Create Tiled Clones, caranya klik Edit => Create Tiled Clones, klik tombol Reset jika Anda pernah menggunakan fitur Create Tiled Cloness, hilangkan tanda centang pada kotak Use save size and position of the tile
Isikan nilai 120 x 1 pada kotak Rows, columns
Pindah ke tab Shift, beri tanda cetang pada kotak Exclude tile

Pindah ke tab Scale, isikan nilai 1,0 di kotak Scale X dan Scale Y pada menu Per raw dan Per column, isikan juga nilai 2,00 pada kotak Exponent

Pindah ke tab Rotation, isikan nilai 12,0 pada kotak Angle (Per row)

Pindah ke tab Color, klik pada kotak Initial color, lakukan pengaturan warna pada jendela pengaturan yang muncul, tutup jendela pengaturan Initial color, isikan nilai 1,0 pada kotak H, dan S pada kotak Per row.

Pindah ke tab Trace,  hilangkan tanda centang pada kotak Trace the drawing under the tiles

Jika semua pengaturan dirasa sudah benar semua, klik tombol Create, maka hasilnya akan seperti di bawah ini
Anda dapat membuat object lain berbetuk spiral seperti cara di atas dengan jumlah object yang lebih banyak lagi, caranya adalah dengan mengisi nilai pada kotak Rows sesuai keinginan.

Demikian Tutorial cara Menyusun Object Bintang Menjadi Bentuk Spiral dengan mudah, sampai jumpa dengan tutorial berikutnya.
-
-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar