Jumat, 24 Juni 2016

Membuat Kotak Kemasan dengan Mudah

Awal bulan Juli tahun lalu penulis menjadi Trainer salah satu perusahan yang memproduksi sovenir di Bali. Perusahaan tersebut saat ini sedang masa transisi dalam rangka migrasi dari sistem operasi dan aplikasi Propreatery ke sistem operasi Open Source, contoh aplikasi yang sering digunakan adalah aplikasi desain grafis yaitu pengolah Vektor dan Bitmap, dalam hal ini perusahaan tersebut mulai menggunakan Inkscape dan GIMP.
Salah satu materi dalam pelatihan tersebut adalah membuat desain untuk kotak kemasan tempat sovenirBerikut ini adalah tutorial singkat cara membuat dan mendesain kotak kemasan sesuai materi pelatihan di perusahan tersebut. Dalam contoh tutorial ini sengaja membuat tutorial dengan tema yang berbeda yaitu membuat kotak untuk Mouse.
Pertama buka Inkscape sesuai sistem operasi yang Anda gunakan, untuk mempermudah pembuatan gambar kotak di Inkscape kita bisa menggunakan Extension => Render => Foldable Box. Berikut cara menggunakannya; arahkan kursor pada Menu Bar => klik Extension => Render => Foldable Box, jika Inkscape yang Anda gunakan tidak mengalami masalah maka segera muncul jendela pengaturan Extension Foldable Box.
Dalam contoh tutorial ini penulis membuat desain kotak untuk mouse dengan ukuran 7 x 11 x, 3,5 cm, maka pengaturan yang dilakukan adalah sebagai berikut:


  • Width: 7,0
  • Height: 11,0
  • Depth: 3,5
  • Tab Proportion: 0,5
  • Unit: cm

Setelah semua pengaturan sudah sesuai klik tombol Apply untuk menerapkan Extension Foldable Box, maka secara otomatis tercipta pola sebuah kotak.

Sekarang kotak kemasan sudah tercipta dan siap dicetak, jika sudah dicetak kemudian dipotong sesuai garis pola, setelah itu dilipat dan ditautkan antara sisi satu dan lainnya sehingga membetuk sebuah kotak.
-
Eit,  tunggu dulu, coba perhatikan dengan seksama bentuk pola bagian bawah, dua garis mendatar yang agak panjang tidak sama dengan dua garis lainnya. Jika kita menggunakan pola ini tanpa modifikasi bagian bawahnya maka hasilnya bagian bawah kotak tidak sempurna.
Untuk itu perlu modifikasi kedua garis mendatar tersebut sehingga sama dengan dua garis lainnya, lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini
  
Sekarang tambahkan gambar untuk memperindah kotak kemasan yang kita buat, sebagai contoh penulis menambahkan logo Istana Media dan beberapa tulisan pada bagian depan dan belakang kotak yang akan dibuat, serta penulis tambahkan tulisan pada bagian samping kotak seperti gambar di bawah ini:
Langkah selanjutnya adalah menyimpan gambar kotak tersebut pada media simpan di komputer Anda, kemudian lakukan pencetakan dengan mesin cetak yang Anda miliki.
Sayangnya ketika penulis mencari kertas yang agak tebal untuk dijadikan kotak kemasan hanya menemukan kertas warna hijau sehingga ketika dicetak warna logo kurang pas dengan warna kertasnya.

Jika gambar pola sudah dicetak pada kertas, langkah selanjutnya adalah memotong sesuai pola yang akan dijadikan kotak kemasan, contohnya seperti gambar di bawah ini

Langkah selanjutnya adalah melipat bagian bagian garis pada pola kemudian menautkan (menempelkan) antara bagian pinggir kertas dengan bagian lainnya sehingga terbentuklah sebuah kotak, jangan lupa bagian yang tempelkan tersebut diberi lem sehingga tidak lepas.

Akhirnya pembuatan kotak kemasan selesai juga, dan hasilnya dapat Anda lihat seperti pada gambar di bawah ini

Demikian tutorial cara Membuat Kotak Kemasan dengan menggunakan Inkscape, sampai jumpa pada tutorial menarik lainnya.

-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar