Senin, 06 Juni 2016

Convert RGB to CMYK

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sampai saat ini Inkscape belum mendukung Color Profile CMYK secara native, sehingga menimbulkan masalah tersendiri jika berurusan cetak mencetak.
Masalah ini sudah sangat sering dibahas di berbagai komunitas OpenSource di Indonesia dan sebenarnya sudah ada solusinya, namun hingga saat ini belum banyak yang menulis dokumentasi solusi dari masalah tersebut, maka dari itu penulis berusaha membuat dokumentasi berupa tutorial sederhana ini.

Dalam contoh tutorial ini penulis mengubah (convert) warna RGB menjadi CMYK pada sebuah logo dengan menggunakan Scribus.
Buat logo dengan Inkscape, atur ukuran logo sesuai kebutuhan, dalam contoh penulis menggunakan logo Istana Media dengan ukuran 8 X 8 cm.

Buka Scribus sesuai sistem operasi komputer yang Anda gunakan, jika komputer yang Anda gunakan belum terpasang Scribus ya pasang dulu dong, dalam contoh penulis menggunakan BlankOn X Tambora, maka untuk membuka Scribus penulis melakukan klik Menu Utama => Graphics => Scribus.

Saat pertama kali kita meggunakan Scribus maka tampil jendela pengaturan halaman yang akan digunakan, aturlah sesuai kebutuhan Anda, karena penulis akan mengubah gambar logo dengan ukuran 8 X 8 cm, maka penulis melakukan pengaturan sebagai berikut:
  • Size: Custom
  • Orientation: Potrait
  • Width: 12.000 cm
  • Height: 12.000 cm
  • Default Unit: Centimeter (cm)
  • Left: 1.000 cm
  • Right: 1.000 cm
  • Top: 1.000 cm
  • Bottom: 1.000 cm


Jika semua pengaturan sudah sesuai klik tombol Ok, maka segera tampil halaman utama Scribus, langkah selanjutnya adalah mengimpor logo yang telah disiapkan sebelumnya, caranya; arahkan kursor ke Menu Bar => klik File => Import => Get Vector File ...

Lakukan pencarian pada direktori tempat menyimpan gambar yang akan diimpor, jika sudah ketemu klik gambar tersebut kemudian tekan tombol Ok

Jika muncul peringatan yang intinya File SVG berisi beberapa fitur yang tidak didukung oleh Scribus klik saja tombol Ok

Setelah langkah di atas maka secara otomatis bentuk kursor berubah bentuk menjadi simbol seperti kertas koran digulung, lakukan klik pada halaman utama Scribus, maka secara otomatis gambar SVG ditambahkan pada halaman utama Scribus, namun letak atau posisi gambar tidak berada di tengah-tengah halaman, untuk itu aturlah gambar tersebut secara manual dengan cara menggesernya.

Sekarang saatnya mengubah jenis warna dari RGB menjadi CMYK, berikut penjelasan singkat beberapa langkah yang perlu dilakukan
-
Arahkan kursor ke Menu Bar, klik Edit => Colors ..., maka segera muncul jendela pengaturan Color Profile yang disediakan oleh Scribus, pada jendela inilah penyesuaian warna dilakukan sehingga antara warna RGB yang diubah menjadi CMYK tidak jauh berbeda.


Jika diperhatikan dengan teliti maka pada jendela pengaturan Colors terdapat dua jenis warna yaitu RGB dan CMYKWarna RGB diwakili ikon persegi panjang dengan kotak tiga warna yaitu Red, Green, dan Blue, sedangkan warna CMYK diwakili ikom persegi panjang dengan kotak empat warna yaitu Cyan, Magenta, Yellow, dan Key (Black).


Untuk mengubah warna dari RGB menjadi CMYK, klik salah satu ikon warna RGB (dalam contoh Blue), kemudian klik Edit, maka segera tampil subjendela Edit Color, lakukan pengatuaran sebagai berikut;
  • Color Profile pilih HVS ColorMap.
  • Name ubah (rename) sesuai selera (misal: biru).
  • Color Model pilih CMYK 
  •  Setelah itu lakukan penyesuaian warna pada menu CMYK dengan cara mengurangi atau menambah nilai berdasarkan persen supaya warna CMYK yang diinginkan mendekati warna asli (RGB), warna yang baru diwakili oleh ikon warna New, sedangkan warna asli (lama) diwakili ikon warna Old.  
  • Jika warna CMYK yang diinginkan sudah sesuai, klik tombol Ok


Lakukan seperti langkah di atas untuk mengubah semua warna RGB menjadi CMYK. Jika semua warna RGB sudah diubah menjadi CMYK, klik tombol Ok pada jendela pengaturan Colors.


Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini

Sekarang simpan hasilnya dengan format bawaan asli Scribus, hal ini perlu dilakukan agar file tersebut dapat diperbaiki lagi warnanya jika masih kurang sesuai.
-
Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa format file bawaan aplikasi Open Source kurang kompatible dengan aplikasi berbayar milik sistem operasi komputer sebelah, untuk itu jika ingin dicetak pada jasa cetak terdekat langganan Anda lakukan export menjadi fromat EPS, PDF, atau Bitmap.


Di bawah ini adalah perbandingan warna RGB dan CMYK pada gambar yang sama, warna asli (RGB) dibuka dengan Inkscape sedangkan yang sudah diubah menjadi CMYK dibuka dengan Scribus

Demikian Tutorial singkat cara mengubah warna RGB menjadi CMYK pada file SVG, untuk hasil cetaknya belum dapat penulis sertakan karena ketika menulis tutorial ini printer yang di rumah sedang ngadat. Sampai jumpa pada tutorial lainnya.
-
Di bawah ini adalah video sesuai tutorial pada artikel ini


-
-
-

2 komentar: