Selasa, 17 Mei 2016

12.6. Modify Path

Modifiy Path Effects bekerja pada path yang dipilih dengan cara mengubahnya menjadi bentuk tertentu tanpa menciptakan path baru (kecuali pada Edge 3D) .



12.6.1.  Add Nodes

Extension ini digunakan untuk menambahkan node pada path dengan jumlah tertentu secara otomatis. Jarak setiap node yang ditambahkan akan sama. Jumlah dan jarak node dapat diatur sesuai kebutuhan dengan mengisi nilai tertentu pada kotak yang tersedia.

Catatan

  • Jika saat menggunakan extension ini tidak terjadi perubahan pada object yang digunakan kemungkinan besar object tersebut belum memiliki path atau masih berupa stroke, untuk itu ubah dulu stroke pada object tersebut menjadi path.
-

12.6.2.  Color Markers to Match Stroke

Sampai saat ini spesifikasi SVG 1.1 tidak mengijinkan penggunaan warna yang sama antara Stroke ataupun Path dengan Markers. Extension ini dapat memperbaiki masalah tersebut. Extension ini menyamakan warna markers dengan warna stroke atau path yang sudah dibuat.

12.6.3.  Convert to Dashes

Extension ini digunakan untuk memisahkan dash pada path menjadi beberapa sub-path. Extension ini memudahkan pekerjaan jika ingin memotong atau memodifikasi masing-masing dash yang sudah ada.

Catatan

  • Penjelasan mengenai dash baca halaman Styling Objects => Stroke Style => Dash.
-

12.6.4.  Edge 3D

Extension ini digunakan untuk menambahkan efek 3D pada tepian sebuah path dengan cara menciptakan object baru persis di atas object yang sudah ada dengan style Gaussian Blur, terdapat beberapa menu yang dapat diatur melalui jendela pengaturan yang disertakan pada extension ini.

12.6.5.  Envelope

Efek dari extensions ini membuat suatu bentuk path agar sesuai dengan suatu bentuk perspektif tertentu. Efek envelope dan perspective hampir memiliki kesamaan, namun berbeda cara kerjanya. Berikut contoh penggunaannya :
  1. Sediakan object  yang akan diberi efek, ubah menjadi path
  2. Buat object dengan empat node path sebagai envelope frame
  3. Letakkan object yang akan diberi efek ke atas envelope frame yang sudah dibuat sebelumnya.
  4. Seleksi kedua object tersebut, klik Extensions => Modif Path =>  Envelope
  5. Untuk melihat hasilnya, geser (pisahkan) object hasil modifikasi dengan object yang digunakan sebagai  frame.

12.6.6.  Flatten Beziers

Efek Flatten Beziers digunakan untuk mengubah bentuk path yang melengkung menjadi tajam (polyline) dan runcing sesuai bentuk path yang sudah ada. Semakin besar nilai yang digunakan, lengkungan yang dihasilkan semakin tajam.

12.6.7.  Fractalize

Extension Fractalize digunakan untuk mengubah bentuk sebuah path pada object menjadi beberapa garis-garis bengkok yang tajam dengan menambahkan node secara otomatis, jarak dan letak node tidak beraturan.

12.6.8.  Interpolate Attribute in a Group

Extension ini memungkinkan untuk menyisipkan beberapa efek-efek ke dalam gambar pada sebuah group. Extension ini juga memungkinkan untuk memadukan atribut-atribut pada object dalam group.

12.6.9.  Jitter nodes

Efek Jitter nodes digunakan untuk modifikasi object dengan cara memindahkan letak node secara acak atau tidak beraturan. Parameter besarnya perpindahan node dapat diatur dengan menggunakan jendela pengaturan yang disertakan pada extension ini.

12.6.10.  Perspective

Efek extension perspective hampir sama dengan efek envelope, namun jika path segi empat yang digunakan berasal dari object shape, maka bentuk gambar perspektif yang dihasilkan secara otomatis memutar ke kanan 90°  (sembilan puluh derajat).
Agar bentuk perspektif yang dibuat tidak memutar ke kanan 90°, buat path tertutup menggunakan Bezier atau Pen Tool dengan arah dari bawah ke atas kemudian memutar searah jarum jam.

12.6.11.  Pixel Snap

Extension Pixel Snap digunakan untuk menjadikan sebuah path atau rectangle agar lebih tegas ketika diekspor ke dalam bentuk gambar bitmap.  Fill object disesuaikan dengan batas pixel yang digunakan sehingga pada setiap ujungnya selaras. Modus ini sangat berguna untuk melakukan eksport object berukuran kecil yang kemudian hari ingin diperbesar dengan program lain, misalnya  diperbesar menggunakan GIMP.

12.6.12.  Rubber Stretch

Extension Rubber Stretch digunakan untuk memodifikasi path menjadi bentuk lain, path seolah-olah membentang secara vertical atau path diikat pada bagian tengahnya. Efek yang diinginkan dapat diatur dengan mengisi nilai tertentu pada kotak Strength dan Curve melalui jendela pengaturan. Untuk efek yang lebih rumit lagi dapat dilakukan dengan menambahkan node pada path.

12.6.13.  Straighten Segments

Extension Straighten Segments berguna untuk meluruskan bagian-bagian kurva (lengkungan) dengan tingkatan tertentu, setiap node pada object atau path berubah menjadi runcing, nilai yang digunakan dalam hitungan % (persen).

12.6.14.  Whirl

Extension Whirl akan menimbulkan efek memutar pada sebuah path yang telah dibuat. Titik poros putaran terletak pada titik tengah inkscape yang tampil di tengah layar.

12.5. JessyInk
Raster 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar