Selasa, 16 Februari 2016

Membuat Object Melingkar Secara Otomatis

Postingan ini merupakan jawaban dari pertanyaan yang ditanyakan oleh salah seorang anggota group facebook Inkscape Indonesia.

Sebenarnya masalah ini sudah lebih dari satu lima kali dibahas, tapi tetap saja ada yang menanyakan lagi, apa susahnya sih melalukan scroll thread yang sudah dibahas sebelumnya.

Di Inkscape sendiri terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan untuk membuat gamabr seperti di atas, yaitu: Object Transform, Arrange, dan Create Tiled Clones. Namun berdasarkan pengalaman penulis, cara paling mudah dan praktis adalah menggunakan fitur Create Tiled Clones, karena cara ini lebih singkat dan otomatis, karena jika menggunakan fitur Object Transform atau Arrange Anda harus melakukan duplicate object satu persatu sebanyak jumlah sesuai keinginan.
Mengatur Object melingkar dengan Arrange (Inkscape 0.91)

Berikut ini Tutorial singkat cara membuat gambar melingkar dengan menggunakan Create Tiled Clones
Buka aplikasi Inkscape sesuai sistem operasi yang Anda gunakan, buat object persegi panjang menggunakan Rectangles Tool dengan ukuran 24,000 X 55,000 pixel seperti gambar di bawah ini

Jika object persegi panjang sudah jadi, klik Selector Tool, kemudian klik object sekali hingga bagian tengah object muncul tanda pusat object yang berupa simbol seperti plus (+), tarik pusat object tersebut ke arah lain, dalam contoh ditarik ke bawah karena object yang dibuat tegak lurus.

Langkah selanjutny adalah menggunakan fitur Create Tiled Clones, caranya sebagai berikut; arahkan kursor ke Menu Bar, klik Edit => Clone => Create Tiled Cones


Pada Jendela pengaturan Crete Tiled Clones terdapat 6 (enam) tab yang dapat digunakan untuk mengatur object yang akan di kloning, namun dalam tutorial kali ini hanya 3 (tiga) tab yang kita gunakan, yaitu tab Symmetry, Shift dan Rotation.

Pilih P1; simple translation pada tab Symmetry, alasannya adalah kita akan melakukan kloning pada object bentuk melingkar dengan pengaturan manual.


Sekarang pindah ke tab Shift, beri tanda centang pada kotak Exclude tile tujuannya adalah untuk mematikan renggang atau jarak antar object satu dengan yang lainnya.


Sekarang lakukan pengaturan pada tab Rotation, pada menu Angle => per row isi dengan angka 22,5 yang artinya masing-masing object hasil kloning memiliki kemiringan 22,5°, rumus ini digunakan karena jumlah object yang akan dibuat berjumlah 16 buah (360/16=22.5).
Lakukan juga pengaturan pada menu Rows, Columns dengan nilai 16 x 1.



Jika semua pengaturan dirasa sudah benar semua, klik tombol Create untuk melakukan kloning, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini

Catatan

  • Dalam contoh di atas kita membuat object melingkar berjumlah 16 buah, rumus yang digunakan adalah 360° dibagi 16 sama dengan 22,5°, jika ingin membuat object melingkar dengan jumlah berbeda gunakan rumus yang sama, misal ingin membuat object melingkar dengan jumlah 6 (enam) buah, rumusnya adalah 360:6=60 maka kotak isian pada tab Rotation => Angel (per columns) diisi dengan nilai 60.
  • Object yang dihasilkan adalah sesuai dengan jumlah nilai pada kotak Rows, columns dengan salah satunya menumpuk persis diatas object induk atau object asli

Langkah terakhir adalah membuat object lingkaran ditengah-tengah gambar melingkar yang dibuat sebelumnya, untuk membuat object melingkar gunakan Ellipse Tool, sedangkan untuk mengatur supaya benar-benar bisa ditengah dapat dilakukan dengan batuan Guides.


Demikian tutorial Tips & triks cara Membuat Object Melingkar Secara Otomatis pada inkscape dengan fitur Create Tiled Clones, sampai jumpa pada tutorial lainnya.
Di bawah adalah video tutorial di Youtube yang pernah saya buat dengan tema yang mirip dengan tutorial di atas








Tidak ada komentar:

Posting Komentar