Kamis, 11 Februari 2016

BAB 12 EXTENSIONS


Object yang dibuat menggunakan Inkscape dapat dimaksimalkan dengan menggunakan Extensions. Extensions terdiri dari script atau program yang dapat dijalankan secara langsung oleh inkscape.

Sebagian besar extensions memerlukan program dari luar yang ditulis menggunakan Perl atau Python.
Extensions baru dapat dibuat dengan mempelajari kode dan script extensions yang sudah ada atau dapat menulisnya sendiri dari nol.
Pada Sistem Operasi GNU/Linux kode extensions yang sudah ada dapat dilihat pada direktori usr/share/inkscape/extensions.
Beberapa kode extensions yang dibangun ke dalam inkscape terletak pada direktori src/extension/internal (tidak disertakan pada semua sistem operasi).
Jika extension tidak bekerja dengan baik, kemungkinan besar inkscape yang digunakan telah kehilangan beberapa dependency yang berasal dari program luar. Jika hal ini terjadi, lakukan pememeriksaan dengan cara melihat log file extensions-errors pada direktori inkscape berdasarkan sistem operasi yang Anda gunakan, pada sistem operasi GNU/Linux log file tersebut terletak pada .config/inkscape, sedangkan pada sistem operasi Windows terdapat pada Documents and Settings\USER\ Application Data\Inkscape.
Pada sebagian extension tertentu memiliki jendela pengaturan dengan  menyertakan kotak menu Live preview yang dapat digunakan untuk melihat tampilan object secara langsung sebelum melakukan perubahan.
Extensions pada inkscape dikelompokkan dalam beberapa kategori yaitu:

12.1. Arrange
12.2. Color
12.3. Generate from Path
12.4. Images
12.5. JessyInk
12.6. Modify Path
12.7.Raster
12.8.Render
12.9.Text
12.10.Visualze Path
12.11.Web

Cara Menggunakan
Pilih Object => arahkan kursor ke Menu Bar => klik Extensions => pilih kelompok Extensions => pilih Extensions yang akan digunakan. Jika extensions yang digunakan menampilkan jendela pengaturan, lakukan pengaturan yang sesuai.
-
Untuk melihat tampilan gambar secara langsung sebelum melakukan perubahan, aktifkan Live Preview dengan memberi tanda centang (checklist) pada kotak kecil yang tersedia, jika sudah yakin pada perubahan yang diinginkan klik Apply, kemudian tutup jendela pengaturan dengan melakukan klik pada tombol Close.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar