Sabtu, 13 Februari 2016

6.1. Fill and Stroke

Fill and Stroke merupakan bagian utama dari object SVG pada inkscape, untuk mengatur atribut dan style suatu object dapat dilakukan dengan menggunakan jendela pengaturan Fill and Stroke.

6.1.1.  Fill
Fill adalah konten visual utama object SVG pada Inkscape atau dengan kata lain merupakan bagian tengah pada object shape. Fill dapat memiliki warna, bentuk, dan ukuran yang bermacam-macam.

6.1.2.  Stroke
Stroke adalah garis tepi atau bingkai yang mengikuti fill suatu object SVG. Stroke pada dasarnya sama dengan fill yang terdiri dari warna umum, gradient, dan pattern. Lebar Stroke juga dapat diatur sesuai kebutuhan.

6.1.2.1.  Stroke width
Stroke width merupakan fasilitas untuk mengatur ukuran Stroke pada object. Pusat stroke object mengikuti path pada object. Sebagai contoh, jika stroke mempunyai lebar 10 pixels, maka stroke akan dibagi dua masing-masing 5 pixels di kedua sisi path pada arah yang berlawanan.

Catatan
  • Saat object diperbesar maka ukuran stroke secara otomatis ikut melebar, agar lebar stroke tidak ikut melebar saat object diperbesar hilangkan tanda centang (checklist) pada kotak di Inkscape Preferences => Transform => Scale stroke width.
6.1.3.  Menampilkan Jendela Fill and Stroke
Jendela pengaturan Fill and Stroke dapat ditampilkan dengan beberapa cara, lakukan salah satu cara berikut:
  • Melalui Menu Bar,  klik Object  => Fill and Stroke
  • Melalui ikon Comand Bar, klik ikon  Edit objects'  colors, gradients, stroke width, arrowheads, dash pattern)
  • Menggunakan Mouse, klik kanan => Fill and Stroke
  • Menggunakan Keyboard, tekan tombol Shift+Ctrl+F
Jendela pengaturan Fill and Stroke juga dapat ditampilkan dengan cara berikut, pilih object => arahkan kursor pada jendela kecil File and Stroke yang berada dipojok kiri Status Bar, kemudian klik dua kali.

6.1.3.1.  Menu Fill and Stroke
Pada jendela Fill and Stroke yang tampil terdapat beberapa ikon dan menu untuk melakukan pengaturan.

Jenis Fill and Stroke
Berikut adalah beberapa ikon untuk memilih dan mengatur jenis Fill and Stroke, klik ikon yang sesuai untuk memilih jenis fill and stroke, berikut ikon yang tersedia:

No Paint
No Paint digunakan untuk menghapus Fill atau Stroke pada object.

Flat Color
Flat Color digunakan untuk mengatur warna standar Fill atau Stroke pada object. Tombol ini juga dapat digunakan untuk mengaktifkan Fill and Stroke pada object.

Gradient
Gradient digunakan untuk mengatur transisi antara dua warna atau lebih pada Fill atau Stroke (lihat halaman Tool Box => Gradient).

Pattern
Pattern digunakan untuk mengubah Fill atau Stroke menjadi bentuk pola tertentu.

Swatch
Swatch digunakan untuk mengubah Fill atau Stroke menjadi warna yang sama pada object lain dalam satu halaman dengan melakukan klik pada list Swatch fill yang tersedia.

Unset Paint
Unset Paint digunakan untuk mematikan atribut atau style pada Fill atau Stroke, saat menggunakan fitur ini warna object menjadi hitam.

File Rule
Fill Rule digunakan untuk mengatur dan menentukan warna fill pada object yang saling tumpang tindih dan memiliki beberapa path. Terdapat dua metode yang dapat digunakan yaitu: Even-odd dan Non-zero.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar