Jumat, 12 Februari 2016

4.2. Membuka File

Gambar atau file yang dibuat menggunakan inkscape secara otomatis disimpan dalam format SVG. Gambar yang sudah dibuat sebelumnya dapat dibuka secara langsung dengan melakukan klik dua kali atau menggunakan cara lain sesuai aturan sistem operasi yang digunakan.

4.2.1.  Membuka Gambar
Untuk membuka file yang sudah dibuat sebelumnya lakukan langkah berikut: klik File => Open, atau tekan tombol Ctrl+O pada keyboard, cara lainnya klik ikon Open pada Command Bar, kemudian lakukan pencarian file yang akan dibuka pada direktori komputer Anda.

Untuk melihat tampilan gambar yang akan dibuka, beri tanda centang (check list) pada menu Enable preview, sedangkan untuk menampilkan semua jenis File klik menu All Inkscape Files, setelah file yang akan dibuka sesuai dengan pilihan, klik Open atau klik dua kali.

Jika File yang akan dibuka formatnya bukan SVG maka akan tampil pesan peringatan untuk memasukkan gambar dengan menempelkannya (embed) atau melalui tautan (link), pilih salah satu kemudian klik Ok.

Cara lain untuk membuka File adalah dengan melakukan pencarian pada direktori, pilih file yang akan dibuka, klik kanan => Open with Inkscape.

Catatan
  • Jika saat membuka file bitmap menggunakan pilihan link maka ketika melakukan penyimpanan dalam format SVG sebaiknya simpan project yang dibuat pada direktori atau folder yang sama dengan gambar bitmap tersebut.
  • Jika ingin membuka file dari media lain atau dari direktori yang tidak terdaftar pada sistem operasi yang digunakan sebaiknya kaitkan terlebih dulu media tersebut.
4.2.2.  Open Recent
Open Recent digunakan untuk membuka file yang terakhir dikerjakan dengan memilih nama file yang ada dalam daftar submenu. Daftar File terbaru mencakup seluruh sistem file yang terakhir dibuka. Daftar file yang tersimpan dapat dibersihkan melalui jendela Inkscape Preferences => Interface => Maximum document in Open Recent => Clear list, sedangkan untuk menentukan jumlah list pada submenu tersebut dapat dilakukan dengan mengganti nilai yang sudah ada dengan nilai tertentu yang sesuai keinginan.

4.2.3.  Revert
Untuk mengembalikan file ke kondisi semula sebelum dilakukan perubahan, cara ini berjalan pada gambar bitmap.


Membuka Halaman Baru

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar