Kamis, 11 Februari 2016

3.3. Grids

Grid atau kisi fungsinya hampir sama dengan guide, grid pada inkscape terdiri dua macam yaitu Grid Rectangular dan Axonometric.
Grid Rectangular terdiri dari garis horizontal dan garis vertical seperti selembar kertas pada buku matematika yang berisi tabel, sedangkan Grid Axonometric terdiri dari tiga garis yaitu: satu garis vertical dan dua garis diagonal yang posisinya saling berlawanan dengan kemiringan 30° (tiga puluh derajat). Grid Rectangular biasanya dipakai untuk mempermudah pembuatan object berbentuk persegi, sedangkan Grid Axonometric digunakan untuk mempermudah pembuatan object 3 Dimensi.


3.3.1.  Edit dan Buat Grid
Untuk mengedit dan membuat Grid baru, klik File => Document Properties, pilih tab Grids

3.3.2.  Memilih Jenis Grid
Klik submenu di bawah Creation untuk memilih jenis grid yang akan dibuat, kemudian klik New, maka segera tampil menu pengaturan grids.

3.3.3.  Sembunyikan Grid
Untuk menyembunyikan grid hilangkan tanda centang (checklist) pada kotak Enable maka semua grid yang sudah dibuat akan tersembunyi, sedangkan jika memilih Visible maka yang tidak tampak adalah grid yang sedang di pilih, misalnya dalam satu canvas terdapat dua grid yaitu grid rectangular dan axonometric, pada saat menghilangkan tanda centang pada grid Rectangular maka grid Axonometric akan tetap tampak dilayar, begitupun sebaliknya.

Cara lain untuk menyembunyikan grid dapat dilakukan dengan menekan tombol # (pagar) pada keyboard, lakukan hal yang sama untuk menampilkannya kembali.

3.3.4.  Modifikasi Grid
Jarak dan warna grid dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan, berikut penjelasan singkat cara modifikasi Grid, dalam contoh menggunakan Grid  Rectangular:
  • Grid units: digunakan untuk mengatur satuan jarak antar grid.
  • Origin X: Untuk mengatur jarak major grid berdasarkan pinggir kiri halaman.
  • Origin Y:  untuk mengatur jarak major grid berdasarkan pinggir bawah halaman.
  • Spacing X: Untuk mengatur jarak grid Vertical.
  • Spacing Y: Untuk mengatur jarak grid Horizontal.
  • Grid line color: Untuk mengatur warna grid vertical maupun horizontal.
  • Major Grid line color: Untuk mengatur warna Major grid.
  • Major grid line every: Untuk mengatur letak tiap-tiap Major grid berdasarkan jumlah Grid line sesuai nilai yang dimasukkan pada kotak yang yang tersedia.
  •  
Catatan:
  • Pada Grid Axonometric terdapat menu Angle yang digunakan untuk mengatur kemiringan grid berdasarkan derajat, untuk mengubahnya isikan nilai tertentu sesuai keinginan.
  • Jika ingin mengubah jarak dan warna grid yang disediakan secara Default ke pengaturan sendiri secara keseluruhan dapat dilakukan melalui File => Inkscape Preferences (Shift+Ctrl+F) => Grid => pilih Rectangular grid atau Axonometric grid.


Guides

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar