Senin, 22 Februari 2016

12.3. Generate from Path

Cara kerja Extensions pada kelompok ini adalah memanipulasi path pada object sehingga tercipta object baru dengan bentuk berbeda. Pada extension tertentu metode yang digunakan adalah membuat object baru dengan cara menyalin object asli namun object asli tetap ada (tidak berubah).

12.3.1. Extrude

Extrude digunakan untuk menciptakan object baru dengan cara menghubungkan node pada dua path dengan garis atau polygons. Cara kerjanya adalah menarik path antara setiap node yang sesuai pada dua path.



12.3.2. Inset/Outset Halo

Extension ini membuat salinan baru dengan mengubah suatu object menjadi lebih buram, extension bekerja dengan cara membuat salinan sebagian kecil dari beberapa object kemudian menyisipkannya sebagai pengganti path. Opacity setiap salinan diatur pada nilai yang lebih kecil berdasarkan jumlah salinan yang dibuat.

12.3.3. Interpolate

Extension ini digunakan untuk menambahkan garis dan ruang baru di antara dua path, jarak ruang dapat diatur melalui jendela pengaturan yang disertakan pada extensions ini.
Untuk menggunakan extension ini buatlah dua buah object berupa path, kemudian seleksi keduanya, klik Extensions => Generate from Path => Interpolate, pada jendela yang tampil lakukan pengaturan sesuai keinginan, setelah itu klik Apply.

12.3.4. Motion

Extension Motion digunakan untuk membuat object bayangan sesuai bentuk object asli, cara kerjanya membuat salinan pada object yang dipilih dan meletakkan di balik object asli, kemudian menghubungkan antara object asli dengan salinan menggunakan garis-garis untuk membentuk kelompok path tertutup.
Cara kerja Extension ini mengubah secara langsung suatu object menjadi object baru. Arah dan letak object salinan dapat ditentukan melalui jendela pengaturan motion yang tampil.

Catatan
  • Object depan dan object bayangan dapat diedit dengan melakukan ungroup terlebih dulu. 
-

12.3.5. Pattern Along Path

Extension ini menempatkan pattern atau pola ke sepanjang path, baik pada satu path atau lebih, pola dapat menjadi satu object atau dalam kelompok object. Extension ini menyertakan jendela pengaturan.
Untuk dapat menggunakan fitur ini dengan hasil yang baik Anda harus membuat 2 (dua) buah path dengan ukuran berbeda, object pertama berupa garis path digunakan sebagai lintasan. Sedangkan object kedua berupa gambar tertentu digunakan sebagai pattern (gambar dapat berupa shape atau kelompok object). Berikut beberapa menu dan keterangan singkat pada jendela pengaturan Pattern Along Path:


12.3.5.1. Copies of the pattern

Modus ini digunakan untuk memilih jenis salinan pattern yang akan ditempatkan pada path, misal membuat salinan tunggal atau salin berulang sepanjang path.

12.3.5.2. Deformation type

Deformation type digunakan untuk mengatur perubahan bentuk, terdapat dua pilihan yaitu Snake dan Ribon.

12.3.5.3. Space between copies

Digunakan untuk menambah atau mengurangi ruang antara salinan dengan pattern, ukuran yang digunakan adalah pixel.

12.3.5.4. Normal offset

Digunakan untuk menyeimbangkan pattern agar bergerak normal terhadap lintasan, jika nilai yang digunakan positif maka pattern diatur cederung lebih ke arah kiri path.

12.3.5.5. Tangential offset

Digunakan untuk mengimbangi gerakan pattern ke arah garis yang terhubung dengan path.

12.3.5.6. Pattern is vertical

Jika kotak pada menu ini dicentang (checklist) maka pattern akan memutar 900 (sembilan puluh derajat).

12.3.5.7. Duplicate the pattern before deformation

Jika kotak pada menu ini dicentang (checklist) maka path yang akan dijadikan pattern asli tetap ada atau dengan kata lain akan membuat salinan object baru dengan bentuk berbeda, jika tidak dicentang maka object asli akan hilang dan berubah menjadi object baru.


12.3.6. Scatter

Extension ini menempatkan pattern atau pola ke sepanjang garis lintasan, metode yang digunakan hampir sama dengan Pattern along Path namun pattern yang dihasilkan lebih serasi.

12.3.7. Voronoi

Extensions ini digunakan untuk menggambar suatu pattern (pola) pada path tertutup berbentuk potong-potongan dan pecahan batu tidak berarturan. Untuk menggunakan extension ini, pilih path dan object kemudian tampilkan jendela pengaturan extensions voronoi pattern, pada jendela pengaturan terdapat dua menu yang dapat digunakan.

12.3.7.1. Average size of cell (px)

Digunakan untuk mengatur rata-rata ukuran tinggi dan lebar pattern pada cell, ukuran yang digunakan adalah px.

12.3.7.2. Size of Border (px)

Digunakan untuk mengatur jarak antara bingkai pada path dengan pattern, jika nilai yang digunakan positif maka ukuran semua pattern relatif sama, jika nilai yang digunakan negatif maka pattern dekat bingkai lebih besar.


-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar