Minggu, 21 Februari 2016

12.2. Color


Extension Color digunakan untuk memanipulasi atau modifikasi warna suatu object atau kelompok object secara langsung atau dengan kata lain object asli otomatis berubah sesuai dengan extension yang dipilih. Jika tidak ada object yang dipilih maka perubahan warna akan diterapkan ke seluruh object di canvas pada layer yang aktif.
-
Extension color dijalankan melalui satu set script khusus yang dibuat menggunakan Python dan terletak pada direktori usr/share/inkscape/extensions.


Penggunaan script python hanya untuk sementara sampai kemampuan mode ini bisa berjalan secara native pada Inkscape. Pemetaan warna dihitung dalam ruang warna RGB kecuali untuk extensions yang mengubah nilai HSL yang mana dihitung dalam ruang warna HSL.
-
12.2.1.1. Black and White
Extension ini mengubah gambar menjadi hitam-putih. Langkah pertama adalah menghitung kecerahan warna dengan menggunakan ruang warna YUV lalu menerapkan pada gambar dengan ambang batas 50%.
12.2.1.2. Brighter
Efek dari extension ini adalah mencerahkan warna dari suatu object atau kelompok object. Sifat dari extension ini membuat warna yang gelap menjadi lebih tajam sehingga warna tampak menyala, efeknya tidak begitu terlihat atau samar sehingga memerlukan beberapa aplikasi lain untuk menyempurnakan.
12.2.1.3. Custom
Extension ini memungkinkan untuk melakukan transformasi warna khusus pada gambar. Perubahan warna dapat dilakukan dengan menggunakan angka tertentu atau rumus matematika standar (+, -, ×, dan /) pada jendela pengaturan yang ditampilkan.
12.2.1.4. Darker
Extension ini mengubah warna suatu object menjadi lebih gelap, setiap bagian R, G, dan B diatur menjadi 90% dari nilai sebelumnya, efek dari perubahan ini tidak begitu terlihat atau samar sehingga memerlukan aplikasi lain untuk menyempurnakannya.
12.2.1.5. Desaturate
Extension ini mengubah warna suatu object menjadi abu-abu dengan mengatur rata-rata nilai R, G, dan B, cara kerja extension ini seperti pada mesin foto copy saat mengubah gambar berwarna menjadi hitam putih.
12.2.1.6. Grayscale
Mengubah warna object menjadi abu-abu dengan menggunakan rumus pencahayaan seperti pada televisi hitam putih yang mengubah gambar (video) berwarna menjadi hitam putih dengan menerapkan metode PAL. Metode yang digunakan adalah menetapkan kecerahan warna menggunakan rumus YUV, yang mana Y = 0,229 × R + 0,587; × G + 0.114 × B.
12.2.1.7. Less Hue
Extension ini mengurangi rona (hue) suatu warna. Rona warna mengalami penurunan kurang-lebih sebanyak 5% dari warna asli.
12.2.1.8. Less Light
Extension ini mengurangi kecerahan suatu warna pada object, kecerahan warna mengalami penurunan kurang-lebih sebanyak 5% dari warna asli.
12.2.1.9. Less Saturation
Extension ini mengurangi saturasi atau penyerapan suatu warna pada object, saturasi warna mengalami penurunan kurang-lebih sebanyak 5% dari warna asli.
12.2.1.10. More Hue
Extension ini meningkatkan rona (hue) suatu warna, rona warna mengalami peningkatan kurang-lebih sebanyak 5% dari warna asli.

12.2.1.11. More Light
Extension ini meningkatkan kecerahan suatu warna, cerah warna mengalami peningkatan kurang-lebih sebanyak 5% dari warna asli.
12.2.1.12. More Saturation
Extension ini meningkatkan saturasi atau penyerapan suatu warna, saturasi warna mengalami peningkatan kurang-lebih sebanyak 5% dari warna asli.
12.2.1.13. Negative
Extension ini digunakan untuk membalik warna. Sebagai contoh: nilai R dari 64 (25%) menjadi nilai R 191 (255-64, atau 75%).
12.2.1.14. Randomize
Extension ini digunakan untuk mengubah warna pada object dengan acak. Pengubahan warna dapat dilakukan dengan memilih modus tertentu pada jendela pengaturan yang ditampilkan.
12.2.1.15. Remove Blue
Extension ini digunakan untuk menghapus warna biru atau mengubah nilai B pada RGB menjadi 0 (nol).
12.2.1.16. Remove Green
Extension ini digunakan untuk menghapus warna hijau atau mengubah nilai G pada RGB menjadi 0 (nol).

12.2.1.17. Remove Red
Extension ini digunakan untuk menghapus warna merah atau mengubah nilai R pada RGB menjadi 0 (nol).

12.2.1.18. Replace color
Extension ini digunakan mengganti warna pada object yang dipilih pada suatu kelompok object. Warna ditentukan dengan modus RRGGBB dalam bentuk hexadecimal. 

12.2.1.19. RGB Barrel
Extension ini digunakan untuk memutar object sebesar 120 derajat dan menukar lokasi warna RGB suatu object pada kelompok object.

-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar