Jumat, 05 Februari 2016

11.2. Path Offset

Terdapat 4 (empat) kategori perintah dalam kelompok ini, walaupun salah satunya merupakan tool kloning (cloning tool). Masing-masing kategori dapat untuk memperbesar atau memperkecil path dengan memindahkan titik (point) yang berada di atas path ke garis yang saling terhubung.
Sebuah shape biasa atau object text dapat diubah menjadi path secara otomatis, kecuali pada perintah Linked offset. Path baru yang tercipta berubah semua menjadi path tertutup, bahkan yang tadinya terbuka mengalami hal yang sama.


Cara menggunakan
Klik object atau path yang akan diubah, klik Path => pilih nama efek yang diinginkan, untuk melihat hasilnya klik Node Tool pada Tool Box.

11.2.1.  Inset ( Ctrl+(  )
Memindahkan dan menambahkan node pada path, ukuran setiap path di antara node secara otomatis berkurang 2px.

11.2.2.  Outset (Ctrl+) )
Memindahkan dan menambahkan node pada path, ukuran setiap path di antara node secara otomatis bertambah 2px.


11.2.3.  Dynamic Offset ( Ctrl+J )
Dynamic offset digunakan untuk mengubah beberapa node pada path menjadi satu, kemudian diletakkan ke bagian atas sehingga menjadi pegangan, pegangan tersebut digunakan untuk mengontrol dan mengubah bentuk object atau path dengan menggeser ke arah tertentu.
Path atau object sudah tidak dapat diedit setelah diubah menggunakan modus ini. Untuk mengubah menjadi path normal lagi, klik  Path => Object to path (Shift+Ctrl+C).

11.2.4.  Linked Offset ( Ctrl+Alt+J )
Membuat salinan path yang kemudian dapat diperbesar atau diperkecil. Sebuah pegangan digunakan untuk mengontrol besarnya offset.
Object asli berupa shape atau teks tidak dikonversi menjadi path sehingga tetap dapat diedit, perubahan yang dilakukan hanya mempengaruhi path salinan.


1 komentar: