Jumat, 05 Februari 2016

11.1. Path Operations


Inkscape memiliki sejumlah perintah untuk membentuk path baru dari path yang sebelumnya sudah ada. Letak path baru pada object mengikuti object yang sudah ada (lebih jelasnya lihat halaman object's position). Semua path baru mengikuti warna Fill and Stroke pada object  yang paling bawah kecuali pada Cut Path.
Untuk memulai menggunakan metode Path, lakukan cara berikut: pilih kelompok object, klik Path => pilih nama efek yang diinginkan.


Contoh Penggunaan
Buat 3 (tiga) buah object dengan bentuk berbeda, seleksi semua object, kemudian atur agar posisi object saling menumpuk antara satu dan lainnya, sebagai contoh buat object kotak, lingkaran, dan bintang seperti pada gambar di bawah ini

11.1.1.  Union (Ctrl++)
Union digunakan untuk mengubah semua path pada object yang dipilih menjadi satu, modus ini menciptakan sub-path pada setiap bagian object, untuk menggunakan teknik Union, pilih tiga object yang sudah dibuat sebelumnya kemudian klik Path => Union atau tekan Ctrl++, maka ketiga object tersebut akan tergabung menjadi satu.


11.1.2.  Difference (Ctrl+-)
Path yang berada di atas memotong path yang berada di bawahnya sehingga tercipta path baru dengan bentuk berbeda, modus ini hanya berjalan pada dua buah path atau shape.


11.1.3.  Intersection (Ctrl+*)
Path paling atas terpotong oleh dua path yang berada di bawahnya. Bentuk path baru yang tercipta sesuai dengan potongan dua path yang bertumpuk, sedangkan warna path sama dengan warna path yang sebelumnya paling bawah.


11.1.4.  Exclusion (Ctrl+^)
Metode ini menghasilkan path baru dengan dua path atau lebih. Satu path baru diciptakan dengan beberapa sub-path, warna fill sesuai warna path paling bawah, path yang dihasilkan agak aneh. Pada Inkscape v0.46 dan sebelumnya, metode ini hanya dapat diterapkan pada dua path.


11.1.5.  Division (Ctrl+/)

Digunakan untuk membagi path sehingga tercipta dua path. Path pertama dibagi oleh path kedua, sehingga tercipta dua path dengan bentuk berbeda. Modus ini hanya dapat dilakukan pada dua buah path atau object  yang bertumpuk.


11.1.6.  Cut Path (Ctrl+Alt+/)
Digunakan untuk memotong path dan menghapus fill pada dua path atau object. Path pertama dipotong oleh path kedua. Dua path baru diciptakan, fill pada path baru otomatis dihilangkan. Modus ini hanya dapat dilakukan pada dua buah path atau object yang bertumpuk, untuk melihat hasilnya pisahkan kedua path atau object.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar