Kamis, 28 Januari 2016

Menambah Color Palette Dari Gambar Bitmap

Di group Facebook Inkscape Indonesia ada salah seorang anggota yang bertanya yang secara garis besar bagaimana caranya membuat atau menambahkan Palette warna dari gambar Bitmap, kemudian ada yang menyarankan pakai Dropper Tool, member lainnya menyarankan untuk menggunakan jasa convert palette online seperti berikut
Upload gambar di http://www.cssdrive.com/imagepalette/, lalu klik "Get Palette", kemudian klik "save as Photoshop swatches" (formatnya .aco). Buka Gimp, lalu import palette tadi (formatnya .aco). Lalu simpan palette itu, nanti otomatis akan tersimpan di /home/user/.gimp-2.8/palletes (formatnya sudah .gpl). Baru file .gpl, dicopas ke folder palettes inkscape yakni /home/user/.config/inkscape/palettes. Sebenarnya banyak kok situs-situs Color Palettes Generator from image. Namun tidak bisa langsung save ke gpl, aco, dll. Jadinya harus copas kode warna satu per satu. Oh iya, tadi saya coba copas .aco ke folder palettes inkscape tidak bisa.


Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan dapat dilakukan secara langsung oleh Inkscape tanpa perlu bantuan aplikasi lain, yaitu dengan memanfaatkan fitur Trace Bitmap. Berikut tutorial singkat cara menambah palette color dari gambar Bitmap.
Sediakan gambar yang warnanya akan diambil untuk ditambahkan ke Palette Color, kemudian buka gambar tersebut dengan Inkscape.

Setelah gambar berhasil dibuka, klik gambar tersebut, kemudian arahkan kursor ke Menu Bar => Path => Trace Bitmap... atau tekan Shift+Alt+B

Setelah jendela pengaturan Trace Bitmap tampil lakukan pengaturan sebagai berikut; klik Colors yang ada di bawah menu Multiple scans: create a group of path, tujuannya adalah untuk membuat path (object vektor) berwarna dalam satu group object.
Pada submenu Scans isikan nilai tertentu sesuai keinginan untuk jumlah path yang akan dibuat dalam contoh 40, hal ini dilakukan berdasarkan perkiraan jumlah warna gambar bitmap yang digunakan, pertimbangan lainnya jika menggunakan nilai yang lebih besar maka kinerja komputer bertambah berat sehingga dapat menyebabkan Inkscape menutup sendiri.
Beri tanda centang pada menu Smooth, Stack scans, dan Remove background.

Jika semua pengaturan pada jendela Trace Bitmap sudah selesai klik Update untuk melihat pratinjau (preview) hasil path/object vector yang akan dibuat.


Selanjutnya klik tombol Ok untuk menerapkan proses Trace Bitmap, tunggu beberapa saat hingga proses pembuatan object vector dari gambar bitmap selesai. Jika pembuatan object vektor sudah berhasil, tutup jendela pengaturan Trace Bitmap dengan melakukan klik tombol Close.
Object vector yang dibuat secara otomatis menumpuk di atas gambar bitmap, object tersebut tergabung jadi satu dalam satu group, untuk melihatnya secara nyata geser group object tersebut ke tempat lain kemudian lakukan Ungroup.


Catatan


Sekarang saatnya membuat Color Palette baru dengan berdasarkan object yang berasal dari gambar bitmap tersebut, caranya cukup mudah yaitu menyimpan object/gambar dengan format *.gpl. Berikut caranya: arahkan kursor pada Menu Bar, klik File => Save As, kemudian pada jendela pengaturan Save As yang tampil beri nama Color Palette yang akan dibuat (dalam contoh Palette Sendiri), pada kolom jenis fotmat pilih Gimp Palette (*.gpl), selanjutnya klik tombol Save.   

Pekerjaan selanjutnya adalah memasang Color Palette tersebut di Inkscape, caranya cukup mudah, yaitu letakkan file tersebut pada direktori usr/share/inkscape/palettes.
Untuk menggunkan Color Palette yang telah dibuat lakukan langkah berikut: tutup semua Inkscape yang masih terbuka, kemudian jalankan kembali Inkscape Anda, klik tanda segitiga yang berada di sebelah kanan color palette, jika langkah yang Anda lakukan sebelumnya benar semua maka secara otomatis pada kelompok Color Swatches terdapat color palette yang ditambahkan tadi.

Di bawah ini adalah gambar contoh tampilan Color Palette yang berhasil ditambahkan pada Inkscape

Demikian tutorial singakt cara Menambahkan Color Palette dari gambar Bitmap pada Inkscape, sampai jumpa pada tutorial lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar