Bentuk dan ukuran stroke atau path dapat diatur sesuai kebutuhan, untuk mengaturnya dapat dilakukan pada tab Style Stroke.
Cara Menggunakan
Pilih object dengan Selector Tool, buka jendela Fill and Stroke, pilih tab Stroke style.
6.5.1. Width Control
With Control digunakan untuk mengatur lebar stroke dengan mengisi nilai tertentu pada kotak yang tersedia, di sebelah kanan terdapat menu untuk mengatur jenis ukuran yang akan digunakan.
With Control digunakan untuk mengatur lebar stroke dengan mengisi nilai tertentu pada kotak yang tersedia, di sebelah kanan terdapat menu untuk mengatur jenis ukuran yang akan digunakan.
6.5.2. Join
Joint digunakan untuk mengatur sudut Stroke suatu object apakah akan dibuat berbentuk miter (siku), round (bulat) atau bevel (datar).
Joint digunakan untuk mengatur sudut Stroke suatu object apakah akan dibuat berbentuk miter (siku), round (bulat) atau bevel (datar).
6.5.3. Miter limit
Miter limit digunakan untuk mengatur ukuran maksimal panjang sudut Stroke.
6.5.4. Cap
Cap digunakan untuk menentukan jenis penutup pada
ujung atau pangkal path terbuka, tersedia tiga macam yang dapat
digunakan yaitu: butt cap (rata namun pendek), round cap (setengah
lingkaran), dan Square cap (rata namun panjang).
6.5.5. Dashes
Dashes digunakan untuk memilih dan mengatur bentuk putaran pattern, beberapa bentuk Dash tersedia pada kotak pilihan, di sebelah kanan terdapat kotak untuk mengatur putaran Dash pada Stroke.
Dashes digunakan untuk memilih dan mengatur bentuk putaran pattern, beberapa bentuk Dash tersedia pada kotak pilihan, di sebelah kanan terdapat kotak untuk mengatur putaran Dash pada Stroke.
6.5.6. Start Markers, Mid Markers, End Markers
Submenu ini digunakan untuk mengatur bentuk penanda pada ujung, tengah, dan pangkal path, Mid Markers hanya menempatkan satu penanda di tengah path kecuali pada Path yang memiliki beberapa Node.
Submenu ini digunakan untuk mengatur bentuk penanda pada ujung, tengah, dan pangkal path, Mid Markers hanya menempatkan satu penanda di tengah path kecuali pada Path yang memiliki beberapa Node.
6.5.6.1. Menambahkan Markers
Buat object di canvas, kemudian klik object tersebut => arahkan kursor pada Menu Bar => klik Object => Objects to marker, maka object tersebut akan hilang dan ditambahkan ke marker atau penanda.
Catatan:
- Object yang akan dijadikan sebagai Markers sebaiknya berukuran kecil, gunakan ukuran antara 3 sampai dengan 5 pixel. Jika pada saat membuat object yang akan dijadikan markers mengalami kesulitan, gunakan fitur Zoom untuk memperbesar tampilan layar.
Belum ada tanggapan untuk "6.5. Stroke Style"
Posting Komentar