Selasa, 26 Januari 2016

6.4. Pattern

Tentang Pattern
Sebuah object dapat diisi dengan pattern (pola), pattern yang diterapkan pada object dapat dibuat sendiri atau menggunakan pattern yang sudah tersedia.

Cara menggunakan
Pilih object dengan Selector Tool, buka jendela Fill and Stroke,  pilih  tab Fill atau Stroke (dalam contoh menggunakan fill), kemudian klik ikon Pattern. Pada kotak seleksi di bawah Pattern Fill tersedia beberapa pattern yang dapat langsung dipilih dan digunakan, berikut adalah beberapa pattern yang tersedia: path-based, such as stripes, dots, polka dots, checkboard, wavy, camouflage, and ermine, or bitmap-based, such as sand, clothes and old paint.


6.4.1.  Object to Pattern
Model pattern pada inkscape memang tidak banyak namun kita juga dapat membuat dan menambahkan pattern sendiri sesuai keinginan, untuk membuat dan menambahkan pattern lakukan langkah beriktu; pilih object yang akan dijadikan pattern, kemudian arahkan kursor pada Menu Bar, pilih Object => Pattern => Object to Pattern atau tekan Alt+I, maka object akan ditambahkan pada daftar pattern.
Untuk mengembalikan object dari patern, arahkan kursor pada Menu Bar, pilih Object => Pattern => Pattern to Object atau tekan Shift+Alt+I.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar