Senin, 25 Januari 2016

6.3. Color Swatches


Color Swatch digunakan untuk mengatur menu dan tampilan Color Palette yang sudah terpasang di inkscape,  dengan demikian pemberian warna Fill atau Stroke pada suatu object lebih mudah dilakukan.

 -
6.3.1.  Customize the Swatch Palette
Inkscape menyediakan banyak warna siap pakai sesuai kebutuhan, untuk memilih dan menggunakan beberapa warna yang sudah tersedia, klik tanda segitiga yang berada di sebelah kanan color palette, maka akan segera tampil beberapa model atau tema warna yang dapat digunakan, klik model warna yang sesuai, maka susunan warna pada Color Palette akan berubah sesuai tema yang dipilih. 

6.3.1.1.  Swatch Size
Menu pertama atau paling atas adalah Size, menu ini digunakan untuk mengatur atau memilih tinggi dan besar Color Palette, klik tanda segitiga pada bagian pinggir menu ini, maka akan muncul submenu yang terdiri dari: Tiny, Small, Medium, Large, Huge
-
Jika memilih submenu paling atas (tiny) maka ukuran color palette akan menjadi sangat kecil, sedangkan jika memilih paling bawah (huge) maka ukurannya paling besar (tinggi).

 6.3.1.2.  Swatch width
Menu kedua dari atas adalah width, menu ini digunakan untuk mengatur lebar kotak-kotak atau kolom Color Palette, untuk memilih lebar kotak color palette klik tanda segitiga pada bagian pinggir menu ini, maka akan muncul submenu yang terdiri dari: narrower, narrow, medium, wide dan wider
Jika memilih submenu paling atas (narrower) maka ukuran lebar warna pada color palette akan menjadi kecil (sempit) bercampur besar (lebar), sedangkan jika memilih paling bawah (wider) maka ukurannya paling besar (lebar).

6.3.1.3.  Wrap
Wrap digunakan untuk mengatur jumlah baris color palette, contohnya jika pada size yang dipilih small dan pada width yang dipilih wider, kemudian Wrap diaktifkan maka color palette berjumlah tiga baris.


6.3.2.  Memberi Warna Fill and Stroke
Untuk mengubah atau memberi warna fill lakukan langkah berikut, pilih object kemudian klik warna yang sesuai pada color palettte, sedangkan untuk mengubah warna stroke lakukan sambil menekan Shift, atau klik kanan warna pada color palettte pilih set fill atau set stroke.
Pada saat kursor diletakkan di atas salah satu warna maka akan muncul tulisan kecil sesuai  kode warna tersebut.
-

6.3.3.  Hapus Fill atau Stroke
Pada pojok kiri terdapat ikon berbentuk tanda silang yang dapat digunakan untuk menghapus Fill atau Stroke, untuk menghapus Fill pada object, pilih object => klik tanda silang tersebut, sedangkan untuk menghapus Stroke lakukan cara yang sama namun sambil menekan Shift.


Catatan
  • Color Swatches juga dapat ditampilkan menggunakan jendela pengaturan dengan cara klik View =>  Swatches.
  • Color Palette dapat ditambahkan dengan memasang color palette dari aplikasi lain, misalnya dari GIMP. Pada sistem Operasi Linux kode Color Palette terletak pada direktori  /usr/share/inkscape/palettes.

6.3.4.  Style Indicator
Style Indicator merupakan tool untuk menampilkan informasi dari object yang sedang dipilih, informasi meliputi warna asli maupun gradient pada fill and stroke. Style Indicator terletak di pojok kiri pada Status Bar.
Style Indicator terdiri dari tiga bagian yaitu: Fill, Stroke, dan Opacity. Jika salah satu style indicator diklik (selain style opacity) maka jendela pengaturan fill and stroke akan muncul secara otomatis dengan menampilkan Tab sesuai indicator yang diklik, misalnya yang diklik indicator Stroke maka tab yang ditampilkan adalah tab Stroke.

6.3.4.1.  Menu pada Style Indicator

Tersedia beberapa macam menu pada Style Indicator yang dapat digunakan untuk mengatur warna secara cepat untuk Fill and Stroke.
Klik kanan salah satu Style Indicator (dalam contoh pilih fill) maka muncul beberapa submenu yang dapat digunakan, berikut penjelasan dari submenu yang tersedia:
  • Edit fill: Digunakan untuk menampilkan jendela pengaturan Fill and Stroke
  • Last set color: Untuk menerapkan warna yang terakhir dipilih
  • Last selected color: Untuk menerapkan warna pada Object yang dipilih sebelumnya.
  • Invert: Untuk mengubah warna pada object yang dipilih menjadi warna lain, namun perubahan warna tidak menentu.
  • White: Mengubah warna pada object menjadi Putih
  • Black: Mengubah Warna pada object menjadi Hitam
  • Copy color: Menyalin warna pada object satu ke object lainnya, atau dapat juga digunakan untuk menyalin warna Fill ke Stroke atau sebaliknya
  • Paste color: Menerapkan atau menempelkan warna hasil copy (salin) pada object satu ke object lainnya, atau dapat juga digunakan untuk menempelkan warna Fill ke Stroke atau sebaliknya
  • Swap fill and stroke: Menukar warna Fill dengan Stroke secara langsung atau sebaliknya sesuai modus yang digunakan.
  • Make fill (stroke) opaque: mengembalikan atribut Alpha menjadi maksimal (255) atau dengan kata lain menghilangkan transparan pada Alpha Channel, namun opacity pada object tidak berubah.
  • Unset Fill (Stroke): Mematikan warna pada Fill atau Stroke, namun efek warna pada Fill atau Stroke menjadi Hitam.
  • Remove Fill (Stroke): Menghapus warna pada Fill atau Stroke
 
Flat (Solid) Colors 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar