6.2. Flat (Solid) Colors

Color atau warna dapat menjadi aspek dari yang paling sederhana sampai yang paling rumit pada sebuah gambar. Pada program inkscape warna di simpan secara internal sebagai angka hexadesimal 6 digit yang masing-masing diwakili oleh tiga digit. Setiap pasang warna sesuai dengan jumlah angka pada Red, Green, Blue (RGB).

Hal ini sesuai dengan spesifikasi SVG untuk menggambarkan warna, misalnya sebuah object memiliki warna sebagai #FF7F00 maka komponen RGB memiliki nilai dengan rincian berikut: Red 100% (nilainya 255), Green 50% (nilainya 127), dan Blue 0% (nilainya 0). Dalam beberapa kasus ditambahkan pasangan ke-empat yang digunakan untuk menggambarkan Alpha (RGBA).


Atribut A atau Alpha mungkin kurang familiar bagi banyak orang, atribut ini digunakan untuk menetukan transparansi warna pada object, nilai yang digunakan antara 0 (nol) sampai dengan 255. 0 mewakili transparan secara maksimal, sedangkan 255 sama dengan opacity lengkap atau warna maksimal.

6.2.1. Pengaturan Warna Fill and Stroke
Saat menggunakan warna flat, maka warna Fill and Stroke untuk suatu object ditentukan oleh paint, tab pengaturan Fill and Stroke terdiri dari lima sub-tab, setiap sub-tab memiliki metode dan cara yang berbeda dalam memilih dan menentukan warna yang akan diterapkan.
Warna pada object dapat dipilih dan diatur dengan beberapa cara di antaranya: menggeser slider (segitiga kecil) ke arah kiri atau kanan sesuai warna yang akan digunakan, mengisi nilai tertentu pada kotak isian yang tersedia, melakukan klik pada salah satu dari dua segitiga yang mengarah ke atas-bawah di sebelah kanan kotak isian.
Cara lain dapat dilakukan dengan meletakkan kursor pada kotak isian kemudian menggeser tombol tengah pada mouse (scroll) atau menekan tombol panah atas-bawah pada keyboard, cara ini dapat diterapkan pada semua sub-tab kecuali sub-tab Whell.

6.2.1.1. RGB
RGB atau Red, Green, Blue adalah sebuah metode untuk menentukan warna dengan tiga warna primer aditif. Hal ini merupakan metode yang paling umum pada layar komputer (warna aditif). Rentang nilai yang diperbolehkan adalah dari 0 sampai 255 (0 sampai FF dalam hexadecimal).

6.2.1.2. HSL
HSL atau Hue, Saturation, Lightness adalah metode untuk menentukan warna yang berhubungan dengan pencahayaan. Rentang untuk saturation adalah dari warna abu-abu murni. Sedangkan rentang untuk lightness adalah dari warna murni hitam menjadi warna putih.


6.2.1.3. CMYK
CMYK atau Cyan, Magenta, Yellow, Key (black), adalah metode untuk menentukan warna pada warna primer subtraktif yang umumnya digunakan pada percetakan. Rentang nilai yang diperbolehkan adalah dari 0 sampai 100.

6.2.1.4. Wheel
Wheel adalah suatu alternatif untuk mengubah warna dalam paradigma HSL. Jika garis diseret ke sekitar lingkaran maka terjadi perubahan pada Hue. Jika lingkaran kecil di dalam segitiga sejajar dengan tepi antara putih dengan hitam, maka terjadi perubahan pada Lightness, dan ketika menyeretnya secara tegak lurus ke tepi maka akan mengubah Saturation.


6.2.1.5. CMS
Pilihan warna pada tab ini digunakan untuk mengedit warna yang dikelola oleh profil ICC, cara kerja modus ini seperti Opacity.
 

Penjelasan lain mengenai warna HSL dan Wheel baca halaman Tweak Tool => Channels.

6.2.2. Color Code

Color Code merupakan kode dari warna pada style object yang dipilh, baik warna campuran atau warna asli, saat ini kode yang tersedia di inkscape secara native hanya berdasarkan pada nilai RGBA.

6.2.3. Blur and Opacity
Di bawah menu Color Code terdapat dua ikon berupa garis lurus disertai slider berbentuk lingkaran kecil di atasnya, di sebelah kanan garis tersebut terdapat kotak isian yang berisi nilai sesuai pengaturan yang dilakukan. Jika Slider digeser maka nilai pada kotak isian ikut berubah.

6.2.3.1. Blur
Blur digunakan untuk mengatur warna object menjadi terlihat kabur seolah-olah berkabut, jika silder digeser ke kanan maka object terlihat semakin kabur. Semakin banyak silder digeser ke kanan atau semakin besar nilai pada kotak isian maka semakin kabur object, bentuk object juga semakin melebar.

6.2.3.2. Opacity
Opacity digunakan untuk mengatur transparansi warna suatu object dengan menggeser slider ke sebelah kiri, jika silder digeser ke kiri maka object terlihat semakin transparan. Semakin banyak silder digeser ke kiri atau semakin kecil nilai pada kotak isian maka semakin transparan juga warna object.

-
-

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "6.2. Flat (Solid) Colors"

Posting Komentar