Kamis, 22 Agustus 2013

BAB 10 ORGANISING OBJECTS


<= Mundur

10.1.  Layer 
Layer adalah jenis kelompok object dalam dokumen SVG. Layer bagaikan potongan beberapa gambar yang ditumpuk. Layer dapat  ditumpuk, disusun, ditambahkan dan dihapus.
Selain itu, layer dapat dikunci dan dibuat tidak terlihat untuk memudahkan pengeditan objek pada lapisan lain dari dokumen yang dibuat.
Layer sangat berguna untuk beberapa tujuan:
  • Mengatur  beberapa set object yang disusun
  • Mengelompokkan object yang harus dibuat terlihat dan  tidak  terlihat, baik yang dikunci ataupun yang dibuka bersama-sama
  • Mengatur lapisan latar belakang yang terlihat tetapi tidak ikut diseleksi
A.  The Layers Widget on the Status Bar 
Cara paling cepat dan mudah untuk bekerja dengan layer adalah dengan menggunakan Widget atau jendela  layer pada Status Bar. Setelah beberapa layer  sudah dibuat, maka layer dapat di pilih dengan mudah melalui kotak  yang tersedia.
Layer yang sudah dibuat dan aktif dapat disembunyikan, dikunci dan dibuka melalui jendela pengaturan layer. 

B.  The Layers Dialog 
Jendela pengaturan layer digunakan untuk  mengontrol semua fungsi yang ada pada layer, diantaranya:  menambah layer baru, mengubah nama, mengatur, menghapus dan mengunci layer. Pada jendela ini juga terdapat menu untuk melakukan  pengaturan modus Campuran (Blend mode) dan opacity.

C.  Blend Mode and Opacity 
Dibawah menu pengaturan layer terdapat menu lain yaitu:

Blend mode
Digunakan untuk memilih menerapkan modus Campuran ke layer, modus ini membuat semua objek dalam layer campuran secara bersamaan seolah-olah dalam satu object, dua object dalam layer yang sama tidak akan menyatu antara satu dan lain ketika mode campuran layer yang digunakan. Modus yang tersedia Normal, Multiply, Screen, Darken, dan Lighten

Opacity 
Opacity digunakan untuk mengatur tampilan object pada layer yang dipilih, cara menggunakan menu opacity adalah dengan cara menggeser lingkaran kecil yang berada atas garis lurus ke arah kanan atau ke kiri, waktu digeser ke arah kiri maka tampilan object akan semakin kabur (buram), jika digeser sampai pinggir maka semua object yang ada pada layer tersebut tidak akan terlihat.

Menampilkan Jendela Layer
Untuk menampilkan jendela pengaturan layer dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti berikut ini: 

  • Melalui Menu Bar, klik Layer => Layer
  • Melalui ikon Comand Bar, klik ikon  View Layers
  • Menggunakan Keyboard, tekan tombol Shift+Ctrl+L

Adding Layers 
Halaman atau lembar kerja yang baru dibuat oleh Inkscape menggunakan template bawaan yang hanya memiliki satu layer. Layer tersebut dapat langsung digunakan untuk membuat object.
Cara paling mudah untuk membuat layer baru adalah dengan melakukan klik ikon Create a new layer pada jendela layer, cara lain adalah dengan melakukan klik  Menu Bar => Add Layer atau menekan tombol Shift+Ctrl+N, maka akan tampil jendela kecil untuk melakukan pengaturan layer yang akan dibuat, pada jendela ini terdapat dua menu yaitu: Layer name dan Position


Layer name digunakan  untuk memberi nama layer, sedangkan Position untuk mengatur letak layer yang akan dibuat terhadap layer yang sudah ada, terdapat tiga pilihan yaitu Above current, Below current, dan As sublayer of current, berikut penjelasannya:

  • Above current, letak layer yang dibuat berada diatas layer yang sudah.
  • Below current, letak layer yang dibuat berada dibawah layer yang sudah ada sebelumnya.
  • As sublayer of current, letak layer yang dibuat berada di dalam layer yang sedang dipilih atau dengan kata lain menjadi sublayer pada layer yang dipilih


Renaming Layer
Untuk mengubah nama layer, klik dua kali nama layer, atau klik kanan layer => Rename Layer.

Selecting Layer
Untuk memilih layer (aktifkan layer), cukup melakukan klik layer pada jendela pemilihan layer, atau pilih salah satu layaer pada jendela kecil layer yang berada pada Bar Status.

E.  Moving a Selection Between Layers
Untuk memindahkan pilihan layer dapat dilakukan dengan cara menekan Shift + PgUp atau Shift + PgDn

Moving Layers
Untuk menggeser layer naik satu tingkat klik ikon panah keatas (raise the current layer) pada jendela layer.


Untuk menggeser layer turun satu tingkat klik ikon panah kebawah (lower the current layer) pada jendela layer.

Untuk menggeser layer naik ke tingkat paling atas klik ikon panah keatas yang ada garis lurus di ujungnya (raise the current layer to the top) pada jendela layer.


Untuk menggeser layer naik ke tingkat paling bawah klik ikon panah kebawah yang ada garis lurus di ujungnya (lower the curent layer to the bottom) pada jendela layer.
Deleting Layers
Untuk menghapus layer klik ikon tanda silang (delete the current layer) pada jendela layer.


Locking Layers
Untuk mengunci atau membuka Layer, klik pada ikon kunci di sebelah kiri nama layer pada Widget atau Status Bar. Saat layer terkunci maka object yang ada didalamnya tidak dapat diklik. Untuk membuka kunci layer klik lagi ikon kunci tersebut.

Hidding Layers
Untuk membuat layer tidak terlihat atau terlihat, klik pada ikon mata di sebelah kiri nama layer pada jendela layer atau status bar. Saat layer  disembunyikan maka object yang ada didalamnya tidak terlihat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar