3.1. Mengatur Canvas dan Halaman

Agar saat membuat gambar lebih mudah sebaiknya kita melakukan pengaturan halaman kerja terlebih dulu, untuk melakukan pengaturan Canvas (area kerja) dan halaman, klik File => Document Properties atau tekan Shift+Ctrl+D.
Cara lainnya dapat dilakukan dengan melakukan klik ikon Document Properties pada Command Bar
Maka segera tampil jendela pengaturan halaman dengan berbagai tab dan menu, berikut beberapa menu yang tersedia.


3.1.1.  Default units
Digunakan untuk mengatur jenis ukuran ruler atau penggaris, ukuran default halaman baru inkscape adalah px, namun jika saat membuat project ukuran sudah diubah kemudian menyimpan project tersebut dan suatu saat membukanya kembali maka ukuran yang digunakan sesuai dengan ukuran yang sudah diubah terakhir kali.

Perbandingan Unit pada Inkscape secara Default sebagai berikut: 1 inch = 1/12 ft = 2.54 cm = 25.4 mm = 0.0254 m = 6 pc = 72 pt. Sedangkan perbandingan inch dengan px adalah 1 inch = 90 px atau 1 px = 0,011 inch.

Catatan:
  • Unit atau ukuran Feet dan Meter yang tersedia pada Inkscape tidak dapat bekerja dengan maksimal karena tidak termasuk standar dalam SVG dan CSS.

3.1.2. Background Canvas
Digunakan untuk mengatur warna  Latar belakang (background color) Canvas, warna yang muncul hanya tampilan saja. Untuk mengganti latar belakang canvas lakukan cara berikut: klik indicator warna canvas di samping kanan tulisan Background, pada subjendela pengaturan yang tampil pilih tab dan warna yang sesuai, setelah sesuai tutup kembali subjendela pengaturan warna latar belakang tersebut.
`
Catatan:
  • Penggunaan warna latar belakang pada canvas sangat berguna pada saat menggambar object dengan warna tertentu yang sulit dilihat, misalnya pada saat membuat object berwarna putih atau warna lainnya.
  • Jika Anda menggunakan Latar Belakang pada canvas maka  ketika gambar diekspor tidak transparan lagi.
3.1.3.  Page Size
Page Size digunakan untuk memilih dan mengatur ukuran page atau halaman, terdapat beberapa bagian untuk melakukan pengaturan halaman yaitu:
  • Page Size: digunakan untuk memilih jenis halaman kerja atau kertas, orientation digunakan untuk mengatur posisi halaman atau kertas.
  • Custom Size: digunakan untuk mengatur jenis halaman secara manual yang tidak tersedia pada daftar di menu Page Size.
  • Units digunakan untuk mengatur ukuran dan satuan antarmuka halaman dan object yang sedang dikerjakan.
3.1.4.  Mengatur halaman sesuai Object

Pada saat membuat object dengan ukuran tertentu dan ingin agar ukuran halaman pada inkscape sesuai dengan ukuran object dapat dilakukan dengan mengunakan fitur Rezise page to drawing or selection.

Dalam contoh pada buku ini menggunakan fitur Rezise page to drawing or selection untuk management printer, berikut penjelasan singkat cara penerapan Rezise page to drawing or selection pada prtinter.

Agar hasil gambar saat dicetak (print) yang telah dibuat tidak terpotong, maka perlu dilakukan pengaturan batas halaman. Klik Resize page to Content maka akan segera tampil ukuran jarak halaman kerja dari Atas, Bawah, Kiri dan Kanan yang sebelumnya tersembunyi, Atur jarak batas halaman tersebut sesuai kebutuhan, sebagai contoh lakukan pengaturan dengan Top, Left, Right, dan Bottom 1,30 cm (sama semua).

Agar jarak Object dengan halaman sesuai dengan pengaturan yang sudah dibuat lakukan langkah berikut: pilih object, kemudian klik Rezise page to drawing or selection.
`
Catatan: 

  • Jika terdapat beberapa object yang akan diatur pada mode ini lakukan group terlebih dulu terhapap object-object tersebut. 
  • Batas dari jangkuan cetak tergantung dari jenis dan printer yang dipakai.

3.1.5.  Border
Border digunakan untuk menampilkan garis atau bingkai pada tepi halaman, terdapat 3 (tiga) submenu untuk mengatur tampilan bingkai

3.1.5.1.  Border Color
Border color digunakan untuk mengatur warna garis bingkai pada tepi halama


Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "3.1. Mengatur Canvas dan Halaman"

  1. cara menambah halaman gimana ya?, atau harus membuat dokumen baru lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat dokumen baru lagi, atau bisa menggunakan fungsi layer

      Hapus
  2. Kalau buat halaman biar bisa eksport d pdf dengan tampilan halaman 1/2/3 bagaimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya tidak bisa, hanya bisa export 1 halaman saja

      Hapus
  3. salah satu minusnya inkscape adalah tidak bisa menyusun banyak halaman dalam 1 dokument, semoga nanti ada perbaikan ya....

    BalasHapus
  4. Bagaimana menjalankan fungsi centring page, untuk memastikan objek tepat berada di tengah canvas. Kebetulan size canvas sama dg ukuran bidang objek?.

    BalasHapus