Minggu, 25 Agustus 2013

10.2. Grouping




Tentang Grouping

Kadang-kadang beberapa object perlu dimanipulasi secara bersamaan dalam kelompok daripada secara terpisah. Misalnya untuk menjaga beberapa object tetap dalam posisi yang sama  antara object satu dengan yang lainnya.
Grouping (pengelompokan) objek dapat digunakan untuk membuat group dari sekelompok objek sehingga apabila akan melakukan editing (rezise, perpindahan posisi dll) semua objek dalam satu group akan mengikuti perubahan tersebut.
Dalam sebuah Canvas dapat dilakukan group beberapa object dengan kelompok object berbeda-beda secara terpisah. Grouping juga dapat dilakukan terhadap objek yang berada pada layer yang berbeda beda, dengan catatan objek-objek tersebut akan digabungkan dalam satu layer.

A.  Grouping 
Grup yang dibuat dengan memilih atau menyeleksi beberapa objek terlebih dulu, kemudian lakukan salah satu langkah berikut: 
  • Melalui Menu Bar, klik Object  => Group
  • Melalui ikon Comand Bar, klik ikon  Group selected objects
  • Menggunakan Keyboard, tekan tombol Ctrl+G

B.  Ugroup
Object yang sudah di kelompokkan dapat dipisahkan kembali dengan cara berikut:
  • Melalui Menu Bar, klik Object  => Ungroup
  • Melalui ikon Comand Bar, klik ikon  Ungroup selected groups
  • Menggunakan Keyboard, tekan tombol Shift+Ctrl+G, atau dengan cara klik group, tekan Ctrl kemudian Enter, jika ingin melakukan group kembali tekan Ctrl kemudian Enter.

Cara lain untuk melakukan ungroup adalah dengan cara klik ganda group, kemudian pilih salah satu object. 

Selecting Objects within a Group (from outside the group)
Object yang berada dalam suatu group dapat dimodifiaksi atau dimanipulasi seperti biasa dengan cara masuk kedalam group atau tanpa melakukan ungroup. Untuk melakukannya, pilih salah satu object dalam suatu group, klik object tersebut sambil menekan tombol Ctrl pada keyboard, cara lainnya adalah dengan menekan Shift+Ctrl+Alt, kemudian pilih dan klik object 
Untuk memilih beberapa object dalam group, klik object sambil menekan Shift+Ctrl kemudian pilih object lainnya.

Adding Objects to a Group 
Untuk menambahkan object ke grup, dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekuranga sendiri-sendiri:
  • Pilih group => lakukan ungroup => tambahkan object, kemudian lakukan grouping kembali.
  • Masuk ke  grup dan menggambar object baru.
  • Copy atau Cut object lain dari kanvas, masuk ke  group kemudian lakukan Paste.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar