Minggu, 25 Agustus 2013

8.6. Clips and Mask


Tentang Clips and Mask
Clip paths, masks, and patterns adalah sejumlah tool tambahan yang sangat berguna untuk seorang seniman atau desainer. 
Clipping and masking adalah metode untuk membatasi bagian dari suatu object atau sekumpulan object dalam satu kelompok yang terlihat.
Clipping path mendefinisikan bagian yang terlihat dari suatu object, sedangkan untuk masking, transparansi atau pencahayaan satu object juga menentukan opacity pada object kedua. Pada contoh kedua kasus, object target tidak berubah dan  jika diperlukan dapat  unclipped atau  tabir yang menutupinya dapat dibuka.

A.  Clips
Perintah Clip digunakan untuk membentuk ataupun memotong suatu pola object yang sudah dibuat, sesuai dengan pola (object) yang digunakan untuk memotong. 

Melakukan Clip
Sebagai contoh : buat tiga buah object yaitu rectangles, circle dan star, kemudian kelompokkan (group) ketiga object tersebut menjadi satu

Kemudian buat sebuah object polygon (segilima), letakkan diatas ketiga object yang telah  dibuat sebelumnya

Seleksi (pilih) keempat object tersebut kemudian arahkan kursor ke Menu Bar => Object => Clip => Set, untuk melihat hasilnya geser  polygon ke posisi lain, maka bentuk ketiga object akan sama dengan polygon

Object yang sudah di clips dapat dikembalikan pada keadaan semula, untuk mengembalikan ke posisi semula, kli Object => Clip => Release.

Clip juga dapat digunakan untuk memotong gambar dalam format bitmap (bukan vektor) dengan menggunakan object vektor sebagai pemotongnya


B.  Masking
Seperti path clip, mask dapat digunakan untuk memotong suatu object atau kelompok object secara visual. Perbedaannya adalah  bagian object asli menjadi putih bening atau transparan (tidak kelihatan), sedang pada bagian mask akan  menjadi putih gelap atau transparan agak buram (terlihat)


-

Clone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar