Sabtu, 24 Agustus 2013

7.4. Spell Checking


Tentang Spell Checking
Inkscape juga menyediakan fasilitas untuk memeriksa ejakaan (spell checking) pada object teks yang dibuat seperti pada program pengolah kata. Untuk menjalakan fasilitas pemeriksa ejaan dapat dilakukan dengan menampilkan jendela spell checking, klik Text => Check Spelling atau tekan Ctrl+Alt+K. Pada saat terdapat sebuah kata yang dicurigai tidak sesuai dengan ejaan yang dipakai, maka pada kata tersebut akan ditandai dengan kotak dengan bingkai warna merah.

Pada jendela Check Spelling dijalankan maka muncul sebuah daftar koreksi yang disarankan, Anda dapat memilih salah satu kata yang sesuai pada kotak dibawah menu Suggestions, kemudian klik Accept untuk mengganti kata yang tidak sesuai dengan kata baru, klik Ignore once atau Ignore untuk mengabaikan.

Jika ingin menambahkan kata dari object teks ke menu Check Spelling, klik Add to dictionary untuk melakukannya, kata yang ditambahkan tersebut akan digunakan secara permanen pada Check Spelling, sehingga jika suatu saat melakukan pengecekan dan menemukan kata tersebut akan dianggap benar (tidak ditandai kotak merah).

Anda dapat memilih bahasa yang akan digunakan pada jendela Inkscape Preferences => Spellcheck, terdapat tiga bahasa yang dapat dipilih, pada Inkscape yang dijalankan diatas Microsoft Windows hanya menyertakan satu bahasa yaitu bahasa Inggris (english). Pada Sistem Operasi GNU/Linux Anda dapat menambahkan bahasa dengan menginstal paket Gnu Aspell dengan paket bahasa yang diperlukan

Jika dalam beberapa waktu tertentu Check Spelling tidak bekerja dengan baik, Anda dapat mulai melakukan pemeriksaan kata dengan melakukan klik Start, maka pemeriksaan akan dilakukan mulai kata-kata pada pojok kanan atas, untuk menghentikan pemeriksaan klik Stop.


-
-
Text And Paths

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar