Sabtu, 24 Agustus 2013

7.3. Text and Paths




Tentang Text and Paths
Text dan path dapat dipadukan menjadi sebuah kombinasi desain text yang unik dan menarik.

A.  Put on path 
Inkscape memiliki dukungan untuk elemen SVG <textPath>. Yang memungkinkan menempatkan teks pada path sehingga teks mengikuti bentuk path tersebut. Text and path sepenuhnya tetap dapat diedit (termasuk tanda baca, spasi dan huruf yang ada dalam teks).

Cara Menggunakan
Buat dua object yang terdiri dari Text (tulisan) dan path, letakkan text diatas path, aktifkan kedua object, arahkan kursor ke Menu Bar => klik Text => Put on Path


Pada Saat path digeser maka teks akan mengikutinya, sedangkan jika teks yang digeser path akan tetap dalam posisi semula. Text dan Path dapat dimodifikasi secara langsung. Teks akan mengikuti perubahan pada Path yang dimodifikasi.
Path atau jalur dapat dibuat terlihat, disembunyikan maupun dihapus, cara termudah untuk menyembunyikan dan menghapus jalur adalah dengan menghilangkan Stroke Paint atau menghapus path dengan menggunakan Fill and Stroke, untuk menghapus path,  klik Path => Object => Fill and Stroke (Shift+Ctrl+F) => Stroke paint => No Paint (klik tanda silang paling kiri)

Sedangkan untuk menyembunyikan Path dengan mengubah semua nilai pada RGB menjadi 0 (nol) 

Untuk menghapus Text and Path, pilih teks => klik Text pada Menu Bar => Remove from Path.

A.  Memasukkan Teks kedalam Path
Teks juga dapat dimasukan kedalam Path yang dibuat dari object atau shape, teks secara otomatis mengikuti bentuk path, untuk memasukkan teks kedalam path, arahkan kursor pada Menu Bar, klik Text => Flow into Frame atau tekan tombol Alt+W, sedangkan untuk memisahkan atau mengeluarkan teks, klik Text => Unflow atau tekan tombol Shift+Alt+W.

-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar