Jumat, 23 Agustus 2013

5.6. 3D Box Tool


Tentang 3D Box Tool
Inkscape adalah program untuk menggambar object dua dimensi, namun, sangat sering digunakan untuk membuat gambar atau object tiga dimensi. 3D box tool dapat digunakan untuk membuat gambar tiga dimensi secara otomatis dengan cara menciptakan object perspektif dalam kotak 3D. Tool ini secara otomatis memastikan bahwa semua sisi kotak terletak pada garis perspektif yang sesuai.

Cara menggunakan
Klik ikon 3D Box Tool pada menu Tool Box, atau tekan Shift+F4,  kemudian letakkan kursor pada area kerja, klik => tahan dan seret hingga membentuk object kotak tiga dimensi, setelah itu lepas, jika pada waktu membuat object sambil menekan tombol Shift maka object yang dihasilkan akan menghadap pada sisi yang berbeda.
3D Box Tool juga dapat diaktifkan dengan menekan tombol X pada keyboard.

A.  Basic Usage 
Kotak tiga dimensi yang dibuat menggunakan 3D Tool Box terdiri dari enam object yang dapat di atur dan di pisah-pisah sesuai kebutuhan, bahkan object tersebut dapat di hapus dan dipisahkan  satu persatu dengan melakukan ungroup terlebih dulu.
Kotak tiga dimensi terdiri dari enam sisi, namun yang terlihat hanya tiga sisi saja, ketiga sisi tersebut diwakili oleh tiga garis berbeda yaitu: 
  •  Garis Y berwarna merah menunjukkan lebar object 
  • Garis X berwarna biru menunjukkan  tinggi object
  • Garis Z berwarna kuning menunjukkan panjang object


B.  Editing a 3D box 
Pada Object 3D terdapat tiga pegangan yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan, Y untuk pegangan bagian depan, X untuk pegangan bagian atas, sedangkan Z untuk pegangan samping.
Jika waktu membuat object dilakukan sambil menekan Shift maka Y yang tadinya untuk pegangan depan akan ditukar X dengan kata lain Y berubah menjadi pegangan samping sedangkan X menjadi pegangan depan, sedangkan jika dilakukan sambil menekan Ctrl maka pegangan X akan berada disalah satu tepi (sudut) object (object tampak 2D).

C.  Moving 3D Box
Untuk memindah perspektif kotak 3D dapat dilakukan dengan menggeser tanda huruf “X” pada object, perubahan tidak mempengaruhi sumbu pegangan, jika waktu menggeser sambil menekan Ctrl maka pergeseran akan membatasi gerakan koordinat dan diagonal object, sedangkan jika sambil menekan Shift maka kotak bergerak sejajar dengan sumbu Z.

Disamping tanda huruf “X” terdapat kotak kecil (seperti permata) sebagai pegangan untuk mengaturnya, jika kotak kecil tersebut digeser maka tanda huruf “X” akan ikut bergeser.

D.  Menyembunyikan Titik Pegangan
Pegangan pada setiap titik object dapat disembunyikan, terdapat dua cara yaitu: dengan melakukan klik pada menu di Tool Control dan menekan tombol tertentu pada keyboard. 
  • Melakukan klik menu Angle X  atau menekan Shift+X  menyembunyikan pegangan titik Y.
  • Melakukan klik menu Angle Y atau menekan Shift+Y menyembunyikan pegangan titik X.
  • Melakukan klik menu Angle Z atau menekan Shift+Z menyembunyikan pegangan titik  Z

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar