Jumat, 23 Agustus 2013

5.5. Rectangle Tool

Tentang Rectangle Tool
Rectangle Tool digunakan untuk membuat object persegi panjang, object persegi panjang dapat dimodifikasi secara langsung menjadi lingkaran.



Cara menggunakan 
Klik ikon Rectangle Tool (segi empat) atau tekan F4 kemudian letakkan kursor pada area kerja, klik => tahan dan seret tombol kiri mouse hingga membentuk object segi empat, setelah itu lepas.


Rectangles Tool juga dapat diaktifkan dengan menekan huruf R pada keyboard. 


Modifikasi Object 
Klik dan seret Resize Handles atau tanda segi empat kecil yang ada di pojok kiri atas atau pojok kanan bagian bawah untuk mengubah lebar ataupun tinggi ukuran Object, cara lainnya dengan mengisi nilai tertentu pada kotak pengisian yang ada pada menu Tool Control, kotak W artinya Widt atau lebar object, sedangkan kotak H atau Hight yang artinya tinggi Object 


Object persegi panjang yang dibuat dapat di modifikasi sehingga sudutnya dapat membulat, perhatikan object persegi panjang yang sedang dibuat, pada pojok kanan bagian atas terdapat tanda lingkaran kecil, tarik tanda lingkaran kecil tersebut ke bawah maka sudut object persegi panjang berubah agak membulat, sedangkan di sudut pojok kanan masih tersisa satu lagi, seret tanda lingkaran kecil tersebut ke kiri maka object persegi panjang semakin membulat, tanda lingakaran kecil tersebut sering disebut Corner Shape Handles. 


Cara lainnya dengan mengisi nilai tertentu pada kotak pengisian yang ada pada menu Tool Control, kotak Rx artinya Radius Horisontal yaitu untuk mengubah bentuk bulat pada sisi mendatar, sedangkan kotak Ry artinya Radius vertikal yaitu untuk mengubah bentuk bulat pada sisi tegak atau kebawah.


Untuk mengubah bentuk object persegi panjang menjadi lingkaran, seret kedua tanda lingkaran kecil tersebut hingga mencapai setengah dari object persegi panjang, untuk mempermudah proses tersebut gunakan garis panduan (guides) pada area kerja.


Sedangkan untuk mengembalikan sudut membulat yang telah dibuat menjadi bentuk persegi panjang klik ikon “Corner sharp” yang ada pada menu Tool Control. 


Tombol Pintas 
  • Saat membuat persegi panjang sambil menekan Ctrl maka object yang dihasilkan akan berbentuk bujur sangkar. 
  • Saat membuat object sambil menekan Shift maka object akan ditarik dari tengah (bukan dari sudut kiri atas). 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar