Sabtu, 24 Agustus 2013

5.19. Connector Tool


Tentang Connector Tool
Connector digunakan untuk memberi garis antara object satu dan lainnya sehingga terhubung membentuk bagan atau diagram. Connector dapat atur secara otomatis agar saat salah satu object digeser tetap dapat terhubung, atau dapat juga di atur agar saat salah satu object di geser bisa terpisah atau tidak terhubung


Cara Menggunakan
Buat beberapa object sehingga dapat dihubungkan, klik ikon Connector pada Tool Box atau tekan Ctrl+F2 pilih ikon pada Tool Control, klik tengah-tengah salah satu object hingga muncul kotak kecil => tahan dan tarik garis yang muncul ke arah object lain, kemudian lepas pada kotak kecil yang muncul pada object lain, maka kedua pinggir kedua object akan saling terhubung



Menghubungkan dan Melepaskan Connector
Connector dapat dilepas dari suatu object dengan menyeret titik akhir dari object. Untuk melakukannya, pilih dan klik dua kali  connector yang akan dipisahkan, tarik salah satu pegangan kemudian geser sehingga menjauhi salah satu object,

Untuk menyambung kembali connector dari object satu ke object lainnya, tarik pegangan ke tengah-tengah object hingga muncul kotak kecil kemudian lepas diatasnya .

Mengubah bentuk Connector
Gaya garis dan warna connector dapat diubah dengan mudah, misalnya diubah menjadi putus-putus, diberi panah pada ujungnya dengan bantuan Fill and Stroke,  untuk melakukannya klik Object => Fill and Stroke atau tekan Shif+Ctrl+F.

Routing Connector
Connectors secara otomatis dipindahkan ketika object diubah atau connectors ditambahkan dan dimodifikasi. Sebagian parameter dapat diatur untuk mengontrol rute connector secara otomatis. Pengaturan Connector dapat dilakukan dengan cara melakukan klik pada ikon yang ada pada Tool Control 

A.  Avoids Seclected Object
Untuk mengtur connector agar dapat menyeberangi object yang dilewatinya ketika salah satu object dipindahkan. 


B.  Ignore Selected Objects 
Untuk mengatur connector agar tidak dapat menyeberangi object yang dilewatinya ketika salah satu object dipindahkan.


C.  Connectors Orthogonal or Polyline 
Untuk membuat tekukan/sudut agar connector dapat berbelok pada saat melewati suatu object yang tidak ikut disambungkan dengan object lain, pada saat menggunakan metode ini akan mematikan metode lainnya, namun metode ini dapat di kombinasi dengan metode lain dengan cara aktifkan mode ini, kemudian baru aktifkan metode lain. 

D.  Curvature 
Digunakan untuk mengontrol jumlah lengkungan antara dua bagian connector.


E.  Space
Digunakan untuk mengontrol jumlah dan jarak disekitar object yang tidak dilewati connector.


F.  Nicely Arrange
Digunakan untuk mengatur ulang secara otomatis connector dan object yang saling terhubung sehingga lebih rapi.


G.  Length
Untuk mengatur panjang connector secara otomatis, object dan connector ikut diatur ulang


H.  End-Markers
Digunakan untuk mematikan opsi dan penanda pada bagian akhir atau ujung connector



I.  Overlapping Shapes
Digunakan untuk mematikan object yang saling terhubung atau tumpang tindih pada saat dipindahkan



Dropper Tool

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar