5.17. Gradients Tool


Tentang Gradients Tool
Gradients digunakan untuk menambahkan dan memodifikasi warna pada bagian object sehingga satu buah object memiliki beberapa warna yang berbeda, gradients dapat di terapkan pada Fill dan Stroke


Cara menggunakan
Pilih object yang akan dimodifikasi, klik ikon Gradients pada Tool Box  atau tekan Ctrl+F1 pilih ikon pada Tool Control, klik bagian tertentu pada object => tahan dan tarik garis lurus yang muncul ke arah lain, kemudian lepas. Untuk mengaktifkan gradient dapat juga dilakukan dengan menekan huruf G pada keyboard.

Fungsi Ikon Gradients
Saat Gradients aktif maka pada Tool Control terdapat beberapa ikon  yang dapat digunakan.


A.  Linear
Linear gradien digunakan untuk melakukan perubahan warna dari satu titik ke titik lain dengan garis lurus. klik salah satu pinggir object untuk mulai menambahkan warna kemudian tahan dan tarik garis lurus yang muncul ke arah pinggir lainnya, kemudian lepas.
Sekarang pada object terdapat garis lurus yang pada kedua ujungnya terdapat pegangan dengan bentuk berbeda, pada awal garis berbentuk persegi sedangkan pada akhir garis berbentuk lingkaran, kedua ujung garis tersebut dapat digunakan untuk mengubah warna sesuai pilihan.

B.  Radial
Radial Gradien digunakan untuk mengubah dan menambahkan warna dengan bentuk melingkar dari tengah object, pada tengah object terdapat garis yang memiliki dua ujung berbentuk lingkaran dan satu sudut dengan bentuk persegi, sudut berbentuk persegi merupakan pusat dari gardien sedang kedua lingkaran untuk mengubah radius gradient.
Jika kedua panjang jari-jari dari pusat ke ujung sama panjangnya maka gradient yang akan berbentuk bulat, sedangkan jika salah satunya lebih panjang maka bentuk gradient akan lonjong.
Untuk memindahkan lokasi pusat gradient radial didalam object, geser pegangan atau sudut yang berbentuk persegi.
C.  Applies to Fill and Fill

Digunakan untuk menentukan gradient pada object, apakah akan diterapkan pada Fill atau Stroke.

Catatan

  • Untuh mengubah mode dari gradient Linear menjadi gradient Radial atau sebaliknya dapat dilakukan dengan jendela pengaturan Fill and Stroke.
  • Setelah gradien selesai dibuat maka secara otomatis tersimpan pada List used gradients sehingga dapat digunakan kembali pada object lain dengan mudah.
D.  Menambahkan Warna
Untuk membuat lebih dari dua warna pada gradient, klik dua kali bagian tertentu pada garis gradien maka akan muncul pegangan baru dengan bentuk segi empat seperti node, klik pegangan tersebut hingga berubah warna menjadi biru, kemudian pilih dan klik warna yang diinginkan pada Pallete Color.  

Untuk menghapus salah satu warna, klik salah satu pegangan hingga berubah warna menjadi biru, kemudian tekan tombol Backspace atau Delete


E. Deprecated
Deprecated atau Gradient Editor digunakan untuk mengedit gardients yang sudah dibuat sebelumnya dengan menampilkan jendela pengaturan, jendela pengaturan deprecated terdiri menu dan beberapa submenu. Menu paling atas adalah gradients yang sedang dipilih dari daftar gradient yang sudah ada, menu Stop.... adalah warna dari salah satu gradient yang sedang di pilih, Offset digunakan untuk mengatur jarak antara warna satu dan lainnya, submenu Add Stop digunakan untuk menambahkan node warna baru kedepan warna yang sedang dipilih, Delete stop untuk menghapus warna yang dipilih, sedangkan Stop Color untuk memilih metode pewarnaan yang tersedia pada submenu dibawahnya



F.  Menyeleksi Warna
Beberapa gradient dapat diseleksi atau dipilih dan diubah sekaligus secara bersamaan, cara cepat untuk menyeleksi gradient adalah dengan melakukan klik pada pegangan gradient dibarengi dengan menekan tombol tertentu pada keyboard.

  • Klik salah satu pegangan gradient  sambil menekan Shift kemudian klik pegangan gradient lainnya dengan warna berbeda kemudian klik warna salah satu warna pada Pallet Color untuk mengubahnya menjadi  warna yang sama.
  • Klik salah satu pegangan gradient => tekan Ctrl+A kemudian pilih dan klik warna Pallet Color, maka object akan berubah menjadi satu warna atau dengan kata lain menghentikan gradient
  • Untuk mengubah lebar gradient, klik salah satu pegangan kemudian geser ke arah lain atau dengan cara menekan tombol arah kanan atau arah kiri pada keyboard.
  • Untuk menghilangkan gradient tekan Ctrl+A kemudian tekan Delete, maka warna object akan kembali ke warna asal, cara lainnya klik pegangan gradient kemudian pilih dan klik warna pada Palette Color sesuai warna object pada saat pertama kali dibuat.
  • Untuk menghapus salah satu gradient dapat juga dilakukan dengan menekan Ctrl+Alt kemudian klik salah satu pegangan gradient.
Tips:
Agar Object Gradient pada saat digeser tidak berubah, beri tanda centang (checklist) menu Transform gradients yang ada pada jendela Inkscape Preferences.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "5.17. Gradients Tool"