Sabtu, 24 Agustus 2013

5.16. Bucket Fill Tool


Tentang Bucket Fill Tool
Digunakan untuk menambahkan warna dan menggandakan object dengan bentuk berbeda yang saling bertumpuk atau tumpang tindih, object yang di beri warna akan menjadi dua, object pertama adalah object asli sedangkan object kedua berubah bentuk dan warnanya.


Cara menggunakan
Buat beberapa object dengan bentuk yang berbeda, atur object-object tersebut saling bertumpuk, dalam contoh gambar dibawah, pertama buat object berbetuk persegi panjang, kemudian buat lagi object berbentuk bintang yang diletakkan pojok kiri atas pada persegi panjang, setelah itu buat object lingkaran, letakkan di pojok kanan bagian bawah

Klik ikon Fill bounded areas pada Tool Boox atau tekan Shift+F7, arahkan kursor pada Color Pallete, pilih warna yang di inginkan, klik  object berbentuk persegi panjang, geser object tersebut ke kanan.
Pada saat Bucket Fill Tool aktif terdapat beberapa ikon dan menu pada Tool Control yang dapat digunakan untuk mengatur proses modifikasi object.


A.  Fill by
Pada ikon paling kiri di Tool Control  terdapat beberapa menu yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan warna dan efek  pada object  yang dibuat, untuk memilih menu yang tersedia, klik tanda segitiga mengarah kebawah, terdapat 8 (delapan) menu yang dapat dipergunakan yaitu: Visible Color, Red, Green, Blue, Hue, Saturation, Ligtness, dan Alpha.


B.  Threshold
Digunakan untuk mengatur jangkauan warna yang ditambahkan pada object dari titik awal ke object lainnya, nilai standard pada menu ini adalah 10 yang artinya jika menggunakan nilai ini (10) maka jangkauan warna yang ditambahkan sesuai object yang diklik, sedangkan jika digeser ke nilai yang lebih tinggi, maka jangkauan warna akan ditambahkan pada object lainya.

C.  Grow/shrink by
Digunakan untuk mengatur ukuran object yang ditambahkan, semakin besar nilai yang dipakai maka object yang ditambahkan akan semakin besar juga ukurannya, jika object tersebut memiliki sudut maka sudut tersebut akan sedikit membulat. Nilai standar pada menu ini adalah 0 yang artinya jika menggunakan nilai ini (0) maka ukuran object yang ditambahkan sama persis dengan object asli (sudut tidak membulat)

D.  Close gaps
Menu Close gaps digunakan untuk mengatur celah atau sela-sela pada Paint Bucket tool yang akan dibuat, sehingga fill (cat) tidak tumpah pada area yang tidak dinginkan. Terdapat empat pengaturan Close gaps yang dapat digunakan: 
  • None atau tidak ada
  • Small atau kecil (dengan ukuran 2 pixels)
  • Medium atau sedang (dengan ukuran 4 pixels)
  • Large atau besar (dengan ukuran 6 pixels)

Catatan:
Pada saat menggunakan salah satu menu pada Close gaps dapat memperlambat kinerja Inkscape.

E.  Reset
Digunakan untuk mengembalikan ke pengaturan awal  menu pada Tool Control yang sudah diubah sebelumnya.


Eraser Tool

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar