Sabtu, 24 Agustus 2013

5.14. Spray Tool

Tentang Spray Tool
Spray Tool digunakan untuk menyalin dan menggandakan object, dengan cara menyemprotkan object yang sudah ada menjadi beberapa object dengan model dan bentuk yang sama.

Cara menggunakan
Aktifkan object yang akan digandakan, klik ikon Spray Tool pada Tool Box  atau tekan Shift+F3, arahkan kursor pada object, klik  => tahan dan geser-geser kursor yang sudah berubah bentuk menjadi lingkaran ke arah kiri-kanan atau ke arah atas-bawah pada page atau canvas.
Terdapat 3 (tiga) metode untuk melakukan penyemprotan yaitu:

Ikon pada Tool Control Spray Tool
Terdapat berbagai macam ikon Spray Tool pada Tool Control untuk mempermudah pada saat melakukan modifikasi object:

A.  Copy Mode
Object yang digandakan akan terpisah antara satu dan lainnya, Object yang dihasilkan dapat diubah sesuai keinginan, dengan menggunakan metode  ini akan mempermudah pekerjaan pada saat melakukan manupulasi object dengan menggunakan Tweak Tool.

B.  Clone Mode
Salah satu bagian pinggir object yang digandakan akan menyatu (menumpuk) dengan object lainnya, namun object tersebut sebenarnya tidak menyatu.

C.  Single Path mode
Object yang digandakan menyatu dengan object lainnya secara bertumpuk atau tumpang-tindih, namun object asli (pertama) tetap terpisah dengan object hasil penggadaan.



D.  Width
Untuk mengatur jarak atau jangkauan area penyemprotan, jangkauan area penyemprotan di tandai dengan lingkaran berwarna oranye, jarak jangkauan dapat diatur antara 1 sampai 100, dimana 20 sama dengan 100 pixel layar, untuk mengatur jarak jangkauan geser ke kiri atau ke kanan lingkaran kecil diatas garis. Pengaturan jarak jangkauan juga dapat dilakukan dengan menggunakan Tombol Arah pada keyboard, tombol arah kiri memperkecil jarak jangkauan sedangkan arah  kanan memperbesar jarak jangkauan, tombol Home untuk menentukan ukuran 1,  sedangkan tombol End untuk menentukan ukuran 100.

E.  Amount
Untuk menentukan jumlah Object yang digandakan, metode ini bisa dilakukan jika menu Use the preasure aktif.


F.  Rotation
Untuk mengatur letak object hasil yang di gandakan, object yang dihasilkan akan terletak memutar di sekeliling object asli. Perbandingan rentang yang dapat dibuat adalah 1 sampai 100,  dengan perbandingan 100 sama dengan kemiringan 180 °.

G.  Scale
Untuk mengatur perbandingan (skala) setiap object hasil penggandaan dari aslinya,  skala yang dapat dibuat adalah 1 sampai 100, dengan perbandingan 100 sama dengan dua kali dari ukuran asli.

H.  Scatter
Untuk mentukan jarak penyebaran object hasil penggandaan dengan aslinya, jarak penyebaran object berikutnya akan mengikuti object hasil penggandaan sebelumnya. 

I.  Focus
Focus digunakan untuk mengatur penyebaran Object yang berserakan pada canvas. Nilai yang tersedia 0 sampai 100, jika nilai yang dipergunakan 0 maka penyebaran object letaknya berada  dibawah titik kursor  waktu diklik.

Text Tool

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar