Jumat, 23 Agustus 2013

5.12. Calligraphy Tool

Tentang Calligraphy Tool 
Calligraphy Tool dapat digunakan untuk menggambar object berupa line atau garis kaligrafi dengan menggunakan alat khusus seolah-olah mengunakan pena seperti yang digunakan oleh para seniman. Garis yang dihasilkan berbeda dari yang dibuat menggunakan Pencil Tool dan Bezier Tool, object tersebut terdiri dari dua garis paralel yang posisinya hampir sejajar.

Cara menggunakan
Klik ikon Draw Calligraphic or Brush Strokes pada Toolboox atau  tekan Ctrl+F6, letakkan kursor pada area kerja, klik => tahan dan seret kursor ke canvas hingga membentuk object garis kaligrafi, kemudian  lepas.

Tool Control Calligraphy
Pada Tool Control Calligraphy terdapat banyak menu dan ikon yang dapat digunakan, sehingga sangat memudahkan Anda pada saat membuat object kaligrafi dalam berbagai macam, berikut penjelasan dari ikon dan menu pada Tool Control Calligraphy:

A.  Choose a preset 
Digunakan untuk memilih dan mengatur jenis garis atau path kaligrafi yang akan dibuat, jika ikon tersebut diklik maka akan muncul submenu yang dapat dipilih dan digunakan, submenu tersebut terdiri dari Dip pen, Maker, Brush, Wiggly. Splotchy dan Tracing






B.  Width
Digunakan untuk mengatur lebar dasar garis kaligrafi dengan cara menggeser ke kiri atau ke kanan lingkaran kecil diatas garis. Lebar dasar  garis kaligrafi yang dihasilkan dapat berubah secara otomatis sesuai pengaturan pada menu lainnya.


C.  Input Device Pressure
Digunakan untuk mengunci tekanan lebar pena pada stroke yang dibuat.

D.  Trace Lightness to Width
Digunakan untuk mengatur ukuran garis yang dibuat dan efek kecerahan warna garis terhadap object yang menjadi latar belakangnya. Jika ikon tersebut tidak diaktifkan (tidak terkunci) maka garis yang dihasilkan lebih lebar, sedangkan jika terkunci menjadi sebaliknya.
Jika garis yang dibuat berada diatas object lain yang warnanya gelap maka warna garis terang, sedangkan jika berada diatas object yang berwarna terang  menjadi sebaliknya.
E.  Thinning
Digunakan untuk mengatur lebar dan tekanan pena secara mandiri pada stroke yang dibuat, pada saat menggunakan modus ini maka menu pada Choose a preset otomatis menjadi No Preset.

F.  Angle
Angle digunakan untuk membuat dan mengatur garis rambut  (garis kecil semacam ukiran) pada  sudut atau sumbu. Nilai dapat diatur antara -90 derajat  sampai dengan 90 derajat, jika nilai yang dipakai 0 maka hasilnya garis rambut horizontal, sedangkan jika 90  hasilnya garis rambut vertikal.

G.  Tilt to angle
Untuk mengatur kemiringan sudut pena pada waktu menulis kaligrafi.

H.  Fixation
Fixation digunakan untuk mengatur lebar Angle yang mengikuti path kaligrafi. Jika nilai yang dipakai 0 maka Angle  pada path selalu tegak lurus sehingga lebar sepanjang path terlihat hampir sama.
Jika  nilai yang dipakai 100 maka Angle menyesuaikan dengan arah stroke yang paling lebar.
I.  Caps
Caps digunakan untuk menentukan akhir sebuah garis. Jika nilai yang dipakai 0 maka akhir garis rata, pada saat nilai yang dipakai semakin besar maka akhir garis akan semakin bulat (elips). Nilai yang tersedia maksimal 5,00
J.  Tremor
Tremor digunakan untuk mengatur garis dan gelembung yang acak-acakan pada stroke, jika nilai yang dipakai 0 maka stroke seperti path biasa atau tidak ada gelembungnya, pada saat nilai yang dipakai semakin besar maka garis dan gelembnug akan semakin banyak dan panjang-panjang, jarak garis semakin jarang. Nilai yang tersedia maksimal 100
K.  Wiggle
Wiggle adalah tool yang dapat untuk menambah benjolan pada sudut path seperti gelombang pada stroke. Pada menu Wiggle terdapat beberapa submenu yang dapat digunakan untuk mengatur benjolan-benjolan pada sudut path secara teratur.
L.  Mass
Mass digunakan untuk mengatur jarak dan kecepatan gerakan stroke pada saat mengikuti kursor. Pada menu Mass terdapat beberapa submenu yang dapat digunakan untuk  mengatur jarak dan gerakan stroke pada saat mengikuti kursor, jika nilai yang dipakai 0 maka gerakan stroke sejalan dengan gerakan kursor, semakin besar nilai yang dipakai maka semakin lambat gerakan stroke terhadap kursor dan semakin jauh juga jaraknya.

Bezier With Pen Tool

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar