Rabu, 21 Agustus 2013

3.3. Guides

Guides atau garis pandu adalah garis bantu yang dapat gunakan untuk mempermudah pekerjaan dalam membuat gambar terutama untuk mengatur letak dan posisi object. Object yang dibuat dapat digeser dan diatur sesuai posisi guides yang dibuat sebelumnya.



3.2.1. Membuat Guides vertical dan horizontal
Arahkan kursor pada ruler, klik tanda segitiga kecil kemudian tahan dan seret ke canvas ataupun ke halaman.
Untuk membuat guides vertical seret segitiga kecil tersebut dari arah kiri ke kanan. Sedangkan untuk membuat guides horinzontal dapat dilakukan dari atas ke bawah.


3.2.2. Membuat Guides Diagonal
Guide Diagonal (miring) dapat dibuat dengan menyeret tanda segitiga kecil dari pojok penggaris, jika saat membuat guide dilakukan dari pojok kiri atas maka secara otomatis garis diagonal yang dihasilkan memiliki kemiringan 45° (empat puluh lima derajat).

3.2.3.  Object to Guides
Ukuran rentang guides dapat dibuat dengan mudah sesuai ukuran suatu object, hal ini sangat berguna jika ingin membuat guides dengan bentuk persegi, untuk melakukannya, buat object berupa shape atau path terttutup dengan ukuran tertentu, kemudian klik Object => Object to Guides atau tekan Shif+G, maka object secara otomatis berubah menjadi guides vertical dan harizontal.


Catatan
  • Jika ingin membuat guides diagonal menggunakan object dapat dilakukan dengan menggunakan path terbuka berupa garis yang posisinya miring.
3.2.4.  Modifikasi Guides
Klik dua kali guides maka akan keluar jendela untuk mengatur posisi Guides, X menandakan jarak dari kiri kanvas dengan guides, Y menandakan  jarak dari bawah kanvas dengan guides, sedangkan Angle (degrees) menunjukan kemiringan guides.


3.2.5.  Hapus Guides
Untuk menghapus guides bisa dilakukan dengan cara berikut; klik guides hingga warna guides berubah menjadi merah, kemudian tekan tombol “Delete” pada keyboard, cara lainnya dengan melukan klik kanan guides => Delete.



3.2.6.  Sembunyikan Guides
Untuk Menyembunyikan Guides, klik View => Guides, atau dengan cara klik File => Docoment Properties => Guides, hilangkan tanda centang pada "Show guides".

Cara lain untuk menyembunyikan Guides dapat dilakukan dengan menekan tombol | (garis tegak-lurus) pada keyboard, lakukan hal yang sama untuk menampilkannya kembali.

3.2.6.1.  Guides Color
Guides color
digunakan untuk mengatur warna guide yang dibuat, sedangkan Highlight color digunakan untuk mengatur warna guide saat kursor berada di atasnya.


-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar