Rabu, 21 Agustus 2013

4.5. Export File

Inkscape mampu mengekspor gambar vektor secara langsung menjadi gambar bitmap dengan format PNG.
Standar grafis PNG adalah standar yang didukung secara native oleh semua web browser utama dan program pengolah bitmap pada umumnya.

4.5.1.  Export to PNG
Untuk melakukan ekspor file menjadi PNG, klik File => Export Bitmap atau tekan Shift+Ctrl+E. Pada jendela pengaturan export terdapat 4 (empat) Tab yang dapat dipilih dan digunakan untuk melakukan pengaturan pada gambar yang akan diekspor, berikut penjelasan singkatnya:

4.5.1.1.  Page
Jika memilih tab Page maka hanya object yang berada di dalam area halaman yang diekspor. Format file SVG diekspor menjadi png.

4.5.1.2.  Drawing
Jika memilih tab Drawing maka semua object dalam canvas akan diekspor, object paling pinggir menjadi pembatas gambar hasil ekspor.

4.5.1.3.  Selection
Jika memilih tab Selection maka hanya object dipilih yang akan di ekspor, object paling pinggir menjadi pembatas gambar hasil ekspor. Nama gambar sesuai dengan nama path pada object yang dipilih.

4.5.1.4.  Custom
Jika memilih tab Custom maka ekspor dilakukan pada gambar dengan batas sesuai ukuran yang ditentukan secara manual.
-
Di bagian bawah menu File Name terdapat dua fitur tambahan yang dapat digunakan untuk mengekspor object

4.5.1.5.  Bitmap size
Area dan ukuran gambar yang akan diekspor dapat diatur dan dimodifikasi pada kotak pengaturan yang disediakan dengan mengubah nilai yang sudah ada dengan nilai tertentu sesuai keinginan.
Pada menu Bitmap size ukuran lebar (width) dan tinggi (height) dapat diatur sesuai keinginan, jika salah satu ukuran diubah maka ukuran lainnya akan mengikuti, misalnya ukuran tinggi diubah maka ukuran lebar ikut berubah, begitupun sebaliknya, namun modus ini tidak berlaku pada tab Page.
Ukuran resolusi bawaan yang digunakan Inkscape adalah 72 dpi, namun dapat diubah secara manual, semakin tinggi nilai dpi yang digunakan maka semakin besar juga ukuran kapasitas gambar yang dihasilkan dengan hasil yang semakin baik.

4.5.1.6.  Filename

Menu Filename digunakan untuk menentukan letak dan memberi nama file hasil ekspor, klik Browser untuk menuju ke direktori yang diinginkan, penyimpanan file secara garis besar sama seperti cara menyimpan file pada aplikasi lain sesuai Sistem Operasi yang digunakan.

4.5.1.7.  Batch export ... selected objects
Batch export ... selected objects digunakan untuk melakukan ekspor beberapa object yang dipilih secara bersamaan dengan cara memberi centang pada kotak yang tersedia.
Nama File hasil ekspor sesuai nama id object yang sudah dibuat dengan jumlah object sesuai yang dipilih, jika object tidak memiliki nama id maka nama file hasil ekspor menggunakan nama path sesuai nomor terakhir object tersebut dibuat.
-

Catatan:

  • Contoh penerapan Batch export ... selected objects dapat Anda baca pada halaman lain dengan judul : Trik Export File

4.5.1.8.  Hide all except selected
Digunakan untuk mengekspor beberapa object yang  dipilih dengan hasil ekspor dalam bentuk satu file, object yang tidak dipilih disembunyikan atau tidak ikut diekspor.
Catatan
  • Jika ingin mengekspor gambar yang berasal dari shape dan path sebaiknya gunakan antara 200 s/d 300 dpi, sedangkan jika yang akan diekspor gambar berupa text normal gunakan nilai 150 dpi.
  • Untuk memberi nama id object silakan baca penjelasannya pada halaman XML Editor.
  • Jika object yang akan diekspor berasal dari shape yang sudah mengalami banyak modifikasi, sebaiknya ubah terlebih dulu menjadi path sebelum diekspor.
  • Jika pada direktori tempat menyimpan file ada nama yang sama maka pada saat menggunakan fitur Batch export akan menimpa file lama tersebut dengan file hasil ekspor tanpa ada peringatan.
-
 -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar